Advertisement

Tips Berkendara Aman saat Hujan

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 12 Oktober 2022 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Berkendara Aman saat Hujan Ilustrasi kegiatan touring dengan menggunakan sepeda motor. - Istimewa/Honda

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Hujan bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Terlebih jika pengendara kurang berhati-hati di jalanan, maka peristiwa kecelakaan tidak bisa dihindarkan lagi.

Pengendara sepeda motor sebaiknya mempersiapkan dengan lebih baik seandainya dihadapkan dalam cuaca hujan lebat dan diharuskan untuk menggunakan sepeda motor dalam mendukung mobilitas.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Baca juga: Bunda, Kenali 5 Penyebab Keguguran Berikut Ini!

Berikut ini tips aman berkendara saat hujan, berdasarkan rilis yang diterima Harianjogja.com dari Astra Motor Yogyakarta:

1. Gunakanlah perlengkapan berkendara yang aman dan lengkap

Banyak pengendara yang tidak menghiraukan perlengkapan berkendara khususnya saat hujan tiba. Contohnya adalah penggunaan sandal atau yang lebih bahaya adalah tanpa menggunakan alas kaki. Direkomendasikan para pengendara menggunakan cover sepatu hujan agar bisa tetap menggunakan sepatu saat berkendara di tengah kondisi hujan.

Tidak lupa juga pengendara disarankan untuk menggunakan jas ujan model baju dan celana yang berwarna cerah. Untuk visor helm sebaiknya juga menggunakan kaca yang bening. Visor jenis ini dapat membantu pandangan pengendara saat berkendara di tengah hujan lebat dibandingkan dengan visor berwarna gelap.

2. Hindari berhenti atau melewati pepohonan

Hujan lebat dapat menimbulkan risiko turunan yaitu pohon tumbang karena terpaan angin yang kencang. Bagi pengendara yang berteduh sebaiknya jangan di bawah pohon atau di tempat yang banyak pepohonan. Selain itu bagi pengendara yang harus tetap melanjutkan perjalanan sebaiknya memilih rute jalan yang tidak terlalu banyak pepohonan di tepi jalan.

3. Atur kecepatan berkendara

Saat hujan deras atau hujan badai sebaiknya gunakanlah kecepatan rendah atau jangan ngebut. Hal ini dikarenakan jalan yang sangat licin dan juga terpaan angin yang kencang yang dapat mengakibatkan keseimbangan kita dalam bekendara terganggu.

Advertisement

4. Perhatikan jarak dengan kendaraan lain

Apabila kita berkendara di kondisi cuaca normal/cerah untuk jarak berkendara kita dengan pengendara yang lain dengan kecepatan 30 km/jam sebaiknya 15 meter (jarak minimal). Semakin tinggi kecepatan kita dalam berkendara maka untuk jarak aman dengan pengendara yang lain akan semakin jauh. Namun saat kondisi hujan deras sebaiknya kita perlu menambah jarak aman kita dengan pengendara yang lain sekitar 17 meter. Hal ini agar kita dapat mengantisipasi apabila ada bahaya mendadak.

“Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, pengendara direkomendasikan untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik. Pastikan selalu #Cari_Aman agar kita selalu selamat sampai tujuan, bahkan saat berkendara dalam kondisi hujan lebat sekalipun," tutur Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal. *

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sungai Meluap, Sejumlah Rumah di Sleman Banjir

Sleman
| Selasa, 06 Desember 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

KUHP Berlaku! Pelaku Pidana Korporasi Diancam Denda Rp50 Miliar

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement