Advertisement

Pengidap Kolesterol Tinggi Tetap Bisa Makan Telur

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 12:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Pengidap Kolesterol Tinggi Tetap Bisa Makan Telur Ilustrasi telur. - JIBI - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selama ini orang yang memiliki kolesterol bertanya-tanya apakah dirinya diperbolehkan mengonsumsi telur. Ahli gizi memastikan bahwa hal itu bisa dilakukan selama tidak berlebihan.

Ahli Gizi Ulva Rezatiara dari Universitas Gadjah Mada mengatakan orang yang punya kolesterol tinggi ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Namun, pada dasarnya mereka diperbolehkan makan telur asal jumlahnya tetap sesuai batas.

Advertisement

"Penderita kolesterol masih aman untuk mengkonsumsi telur dengan cacatan mengkonsumsi secukupnya atau tidak berlebihan dan tetap menjaga pola makan dan gaya hidup sehat," kata Ulva dikutip dari Antara, Jumat (14/10).

Dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi telur, seseorang bisa mengetahui porsi yang tepat untuk dirinya. Apalagi, telur merupakan salah satu makanan bergizi dan baik bagi tubuh.

Telur mengandung protein, lemak, karbohidrat serta mineral seperti kalsium, fosfor, besi, seng dan berbagai vitamin seperti vit.A, Vit.B1, Vit.B2, dan niasin.

Telur memang bisa menyebabkan kadar kolesterol naik jika dikonsumsi berlebihan. Bagian kuning telur mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan bagian putih telur.

Sesuai rekomendasi The American Heart Association, orang dewasa yang sehat pada umumnya memiliki batas konsumsi telur maksimal adalah satu hingga dua butir per hari. Meski demikian, batas konsumsi maksimal akan berbeda tergantung dari kondisi setiap individu.

Menurut Ulva, orang dengan indikasi penyakit tertentu seperti jantung, kolesterol, dan diabetes memiliki batas konsumsi telur maksimal yang berbeda dengan orang sehat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Serangan Wereng Meluas, DPP Kulonprogo Basmi dengan Pestisida

Kulonprogo
| Selasa, 23 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Kemendagri Sebut Dana Desa Bisa Digunakan untuk Pemberantasan Narkoba

News
| Selasa, 23 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement