Advertisement

Rentan Sakit, Orang Tua Perlu Jaga Kesehatan Anak Sekolah di Musim Hujan

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 13:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Rentan Sakit, Orang Tua Perlu Jaga Kesehatan Anak Sekolah di Musim Hujan Ilustrasi hujan. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Musim hujan biasanya memicu sejumlah penyakit, terutama pada anak-anak. Berikut tipsnya agar kesehatan anak tetap terjaga meskipun hujan melanda.

Pada musim hujan, tak jarang hujan turun disertai angin kencang. Namun, tak jarang cuaca pada siang hari teramat panas. Kemudian, sore hingga malam hari hujan deras. Kondisi yang tidak menentu ini akan membuat tubuh mudah terserang penyakit. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Demam, flu, batuk, pilek, dan masuk angin menjadi lebih sering terjadi di musim ini. Penyakit ini bisa menyerang semua kalangan, apalagi yang memiliki daya tahan tubuh lemah seperti anak-anak.

Saat ini, anak-anak sudah kembali belajar di sekolah karena pembelajaran sudah kembali luring. Hanya saja, membiarkan anak pergi ke sekolah di cuaca seperti ini pasti membuat orang tua khawatir. Oleh karena itu, kesehatan anak perlu diperhatikan agar tak terserang penyakit di musim hujan.

Berikut ini tips menjaga kesehatan anak di musim hujan dari beberapa sumber.

1. Banyak Minum Air Putih

Meski udara dingin membuat kita seolah merasa terus ingin buang air kecil, namun jangan jadikan itu alasan untuk menghindari minum air putih. Sebab, minum air putih dianjurkan sebanyak 2 liter setiap hari agar cairan tubuh tetap terpenuhi.

Anak-anak yang tetap pergi ke sekolah tetap perlu diajak rutin minum air putih. Jika tidak, mereka bisa lemas karena cairan tubuh berkurang dan mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh menurun.

Advertisement

2. Kenakan Pakaian Hangat

Setiap berangkat ke sekolah, anak bisa dibekali jaket atau sweater untuk dikenakan. Mengenakan pakaian hangat pada musim hujan bisa membantu anak-anak menghalau angin dan udara dingin di sekitar mereka.

Selain itu, anak juga bisa membawa kaos kaki cadangan jika sewaktu-waktu kaos kai mereka basah ketika hujan di sekolah. Dengan begitu, mereka bisa terhindar dari rasa dingin yang bisa memicu penyakit.

Advertisement

3. Cukupi Asupan Nutrisinya

Seperti di musim yang lain, kecukupan nutrisi pada anak juga sangat penting di musim penghujan. Kecukupan nutrisi ini selain perlu disiapkan orang tua untuk sarapan anak, melainkan juga sebagai bekal ketika mereka pergi ke sekolah.

Orang tua bisa membawakan bekal sehat yang mengandung gizi seimbang, meliputi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Jangan lupa menyertakan buah di bekal anak karena buah mengandung zat antioksidan yang bisa menjaga daya tahan tubuh.

4. Sediakan Jas Hujan atau Payung

Advertisement

Ketika akan berangkat ke sekolah, sangat penting untuk menyediakan jas hujan atau payung bagi anak di musim hujan. Dengan begitu, anak bisa terhindari dari tetesan air hujan secara langsung.

Jika terkena air hujan langsung, biasanya daya tahan tubuh anak bisa menurun. Hal itu pun bisa membuat mereka terkena penyakit. 

5. Kurangi Bermain di Luar

Meski tetap harus berangkat ke sekolah, namun orang tua bisa mengurangi intensitas anak-anak bermain di luar rumah. Orang tua perlu memberi pengertian kepada anak supaya mereka bisa menunda keinginan bermain di luar rumah ketika musim hujan agar tidak terkena penyakit.

Sebagai alternatif, orang tua bisa mengajak anak-anak bermain di dalam rumah, bahkan turut serta mengajak teman-temannya bermain bersama. Dengan begitu, mereka bisa terhindar dari potensi kehujanan yang membuat mereka mudah sakit.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Digitalisasi Pelayanan Publik Sleman: Cepat, Mudah, dan Praktis 

Sleman
| Kamis, 01 Desember 2022, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Survei Indikator: Erick Thohir Figur Potensial Cawapres

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement