Advertisement

Kanker Payudara Tak Hanya Disebabkan Oleh Keturunan

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 17:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Kanker Payudara Tak Hanya Disebabkan Oleh Keturunan Ilustrasi kanker payudara./Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Selama ini, banyak orang meyakini bahwa kanker payudara disebabkan oleh keturunan. Padahal, banyak faktor lain dapat berperan.

Dokter spesialis bedah onkologi di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, Erwin Danil Yulian menegaskan bahwa meskipun faktor genetik atau keturunan dapat berperan, namun faktor-faktor lainnya seperti faktor hormonal serta gaya hidup juga turut menyumbang terhadap potensi terjadinya kanker payudara.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ia mengungkapkan dari lima pasien kanker payudara, empat di antaranya tidak berasal dari faktor genetik, melainkan faktor lainnya seperti hormonal. “Pengaruh hormon itu sangat besar terhadap timbulnya kanker payudara,” katanya dikutip dari Antara, Jumat (14/10/2022).

Selain itu, gaya hidup yang buruk juga berpotensi memicu timbulnya kanker payudara. Oleh karena itu, Erwin meminta masyarakat agar menerapkan gaya hidup seimbang dan sehat.

Hal itu bisa dimulai dengan mengonsumsi asupan nutrisi yang seimbang, rajin berolahraga, mengendalikan stres, dan meminimalkan faktor risiko lainnya.

Erwin menerangkan angka kejadian kanker payudara saat ini cukup tinggi dan semakin lama semakin bertambah.Di Amerika Serikat pada tahun 2020 ada 276.000 kasus baru. Sementara di Indonesia berdasarkan data Globocan tahun 2020 terdapat 65.000 kasus per tahun.

Ia mengingatkan bahwa kanker payudara merupakan kanker urutan pertama di Indonesia dan merupakan penyebab kematian kedua di Indonesia. Oleh sebab itu, peran dari upaya-upaya pencegahan menjadi sangat penting untuk menghindari kejadian kanker payudara di Indonesia.

“Sayangnya, walaupun 65.000 kasus [dibandingkan Amerika], yang datang ke fasilitas kesehatan mayoritas sudah stadium lanjut, hampir 67-70% stadium lanjut, sehingga tidak banyak upaya yang dapat kami kerjakan pada pasien-pasien tersebut,” kata Erwin.

Advertisement

Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk deteksi dini kanker payudara ialah dengan teknik Sadari atau Periksa Payudara Sendiri. Teknik ini bisa dipraktikkan setiap bulan sebagai bentuk pencegahan kanker payudara.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Kembali Meraih Penghargaan JDIHN

Sleman
| Selasa, 06 Desember 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Seperti di Korea, Intervensi BUMN Penting untuk Kemajuan UMKM

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement