Advertisement

Jaga Kesehatan Mental, Coba Detoks Media Sosial

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 15 Oktober 2022 - 18:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Jaga Kesehatan Mental, Coba Detoks Media Sosial Ilustrasi media sosial./Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Meski saat ini kemudahan berinteraksi sudah semakin mudah lewat internet, namun ahli jiwa mengingatkan setiap orang untuk tetap berinteraksi secara langsung dan sesekali detoks media sosial.

Dokter spesialis kedokteran jiwa Universitas Indonesia Zulvia Oktanida Syarif menuturkan kemudahan untuk berinteraksi melalui internet seringkali membuat interaksi sosial secara langsung menjadi dilupakan.

Advertisement

Keberadaan media sosial mengubah cara seseorang memandang diri, bentuk tubuh, pencapaian, dan lain sebagainya. Padahal, apa yang ditampilkan di media sosial belum tentu sesuai dengan apa yang terjadi di dunia nyata.

Hal itu meningkatkan kecenderungan seseorang membandingkan diri dengan apa yang dilihat sempurna di media sosial. Kondisi itu mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

"Sesekali, cobalah untuk melakukan detoks media sosial atau tidak menggunakan media sosial terlebih dahulu untuk memberikan ketenangan dan meningkatkan kesehatan mental," ujar salah satu Pengurus pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJ) itu seperti dikutip dari Antara, Sabtu (15/10/2022).

Dokter yang akrab disapa dr. Vivi ini juga mengimbau agar masyarakat tidak melupakan komunikasi dan interaksi sosial secara langsung serta membatasi diri dalam mengakses internet serta media sosial.

Selain membatasi penggunaan media sosial, hal-hal lain yang harus dijauhi demi menjaga kesehatan mental, yakni berpikir negatif, pola tidur tak teratur serta aktivitas fisik yang rendah.

Menjaga gaya hidup yang aktif juga tak kalah penting demi kesehatan jiwa. Olahraga rutin harus menjadi bagian kehidupan sehari-hari, sebab olahraga meningkatkan hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement