Advertisement

Kenali Masalah Kulit "Dark Spot" pada Tubuh dan Wajah

Newswire
Sabtu, 15 Oktober 2022 - 23:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Kenali Masalah Kulit lustrasi dark spot./Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Noda hitam merupakan salah satu masalah kulit yang banyak dialami wanita. Munculnya noda hitam atau dark spot ini dapat mengganggu penampilan serta menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading dr. Imelda Pardede noda hitam tak hanya yang berada di wajah, namun sebenarnya memiliki banyak jenis.

Advertisement

“Jadi dark spot di tubuh kita itu banyak banget macamnya. Jadi ada yang bawaan, ada juga post inflammatory hyperpigmintation itu adalah bercak dark spot yang terjadi akibat setelah proses radang seperti habis luka, digigit nyamuk, jerawat, dan lain-lain,” kata Imelda seperti diberitakan Antara, Sabtu (15/10/2022).

Tak hanya itu, Imelda juga menjelaskan bahwa dark spot juga bisa terjadi akibat penuaan, hormon, hingga karena paparan sinar matahari.

“Kemudian bisa juga terjadi dark spot karena penuaan. Makanya biasanya suka ada ibu atau tantenya yang timbul flek hitam, itu adalah faktor penuaan. Tapi bisa juga karena faktor hormonal, paparan sinar matahari dan banyak lagi,” jelasnya.

Menurutnya, daerah yang paling banyak dikomplain memiliki dark spot adalah wajah. Namun, dark spot juga bisa saja muncul pada area lain pada tubuh, misalnya lengan, punggung, dan lainnya.

“Memang paling banyak yang dikomplain oleh pasien itu di area wajah. Itu yang paling kelihatan. Tapi, dark spot juga bisa terjadi di bagian tubuh mana pun,” ungkapnya.

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan, faktor makanan juga berpengaruh terhadap timbulnya dark spotOleh sebab itu, sangat penting mencukupi kebutuhan vitamin dan antioksidan pada tubuh agar kulit tidak mudah timbul dark spot.

Ia juga menjelaskan jika dark spot sebenarnya bisa pulih selama kadar vitamin dan antioksidan dalam tubuh cukup.

"Jadi kembali lagi, apa yang kita konsumsi dalam hidup kita juga bisa mempengaruhi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Stasiun Tugu Jogja-Kutoarjo, Kamis 2 Mei 2024

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 03:47 WIB

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement