Advertisement

Purging vs Breakout, Kenali Perbedaan Masalah Kulit Wajah Ini

Newswire
Minggu, 16 Oktober 2022 - 18:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Purging vs Breakout, Kenali Perbedaan Masalah Kulit Wajah Ini Ilustrasi wajah./Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Di kalangan pengguna skincare, istilah purging dan breakout sering dibahas. Keduanya sering disalahartikan karena dianggap hal yang sama.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Arini Widodo mengatakan bahwa purging adalah sebuah reaksi yang terjadi pada kulit saat menggunakan produk perawatan sebelum mencapai hasil yang diinginkan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sementara, breakout merupakan reaksi ketidakcocokan kulit terhadap produk perawatan yang digunakan berupa jerawat atau iritasi.

Selama ini, keduanya dianggap sebagai hal yang sama. Anggapan pengguna kosmetik dan skincare, baik purging maupun breakout menimbulkan efek iritasi pada wajah atau munculnya jerawat.

"Kalau purging itu lokasinya yang biasanya udah bruntusan, dia akan makin keluar. Kalau breakout yang tadinya enggak ada jerawat jadi ada jerawat, yang tadinya enggak ada apa-apa jadi ada apa-apa," ujar Arini dikutip dari Antara, Minggu (16/10).

Diketahui, produk-produk perawatan kulit yang mengandung retinol atau AHA-BHA kemungkinan akan menimbulkan efek purging.

Namun, hal tersebut sebenarnya wajar, sebab kulit sedang membersihkan diri. Pada kondisi purging, jerawat dan iritasi akan hilang dengan sendirinya dalam waktu relatif tidak lama.

Akan tetapi, beberapa produk perawatan kulit seperti face oil khususnya yang mengandung avocado oil dapat menimbulkan breakout atau ketidakcocokan.

Advertisement

Kondisi ini ditandai dengan semakin memburuknya kemunculan jerawat dan iritasi pada wajah. Solusinya, pemakaian produk tersebut harus segera dihentikan.

"Purging adalah sebuah proses jadi output-nya komedo dan jerawat. Ini akan segera hilang. Breakout enggak akan pernah berhenti, makin lama makin parah," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ada 6.214 kasus HIV di DIY, Ini Golongan Umur yang Paling Mendominasi

Jogja
| Rabu, 30 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement