Advertisement

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Urutan Memakai Skincare yang Benar

Astrid Prihatini Wisnu Dewi
Minggu, 16 Oktober 2022 - 21:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Jangan Sampai Salah, Ini Dia Urutan Memakai Skincare yang Benar Ilustrasi menggunakan skincare. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memiliki kulit wajah yang cerah, lembap, dan halus merupakan dambaan hampir setiap orang. Tak heran, banyak orang melakukan segala cara untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan menggunakan skincare secara rutin.

Berbagai produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran tidak serta-merta digunakan secara asal. Sebab, ketepatan dalam memilih produk yang sesuai dengan kulit wajah penting dilakukan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Selain itu, menggunakan produk perawatan kulit atau skincare ada tahapannya. Penggunaan skincare juga perlu dilakukan dengan urutan yang benar. Sebab, urutan skincare pada pagi dan malam, memiliki urutan yang berbeda.

Dengan memastikan ketepatan penggunaannya, skincare bisa bekerja secara optimal. Dengan begitu, kecantikan kulit dapat terjaga dengan baik.

Dilansir dari Solopos.comjaringan Harianjogja.com, berikut tahapan penggunaan skincare yang tepat.

1. Pagi Hari

Fokus perawatan kulit pagi hari adalah tentang pencegahan dan perlindungan. Sebab, kulit wajah akan terkena lingkungan luar, terutama sinar matahari. Berikut ini urutannya secara sederhana:

Cleanser atau pembersih wajah

Advertisement

Langkah paling pertama dalam urutan skincare di pagi hari adalah dengan membersihkan dulu wajah agar minyak, debu, dan residu kotoran yang menempel dari malam hari dapat hilang. Dengan demikian, skincare yang kamu pakai juga dapat terserap dengan baik oleh kulit wajah.

– Pelembap

Produk perawatan kulit ini berfungsi untuk menghidrasi kulit. Untuk jenisnya, saat ini pelembap wajah tersedia dalam beberapa jenis. Mulai dari bentuk krim, gel, atau balm.

Advertisement

– Tabir surya

Tabir surya atau sunscreen merupakan produk penting untuk melindungi kulit dari efek negatif paparan sinar UV sinar matahari. Perlu diingat bahwa tanpa perlindungan yang tepat, paparan sinar UV matahari dapat memicu penuaan dini, dan kulit yang terbakar.

2. Malam Hari

Setelah mengetahui urutan pakai skincare pagi hari, ketahui perawatan kulit wajah di malam hari. Perawatan kulit di malam hari berfokus pada perbaikan atas kerusakan yang dapat dialami kulit di siang hari.

Advertisement

Selain itu, perawatan kulit di malam hari juga merupakan waktu yang tepat untuk menggunakan produk yang dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari, seperti eksfoliator kulit. Inilah urutan sederhana penggunaan skincare di malam hari:

Make up remover (jika menggunakan riasan)

Produk ini bermanfaat untuk membersihkan sisa riasan yang mungkin tidak dapat kamu lihat secara jelas. Make up remover juga tersedia dalam beberapa jenis. Ada yang berbasis minyak atau oil based, ada juga yang water based (berbasis air). Keduanya sama-sama memiliki kelemahan dan kelebihan.

Advertisement

Sebagai contoh, make up remover yang berbasis minyak, dapat membantu menghilangkan sisa make up sekaligus kotoran dari kulit. Namun, make up remover oil based tidak sepenuhnya menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan dapat menyumbat pori-pori.

Cleanser 

Pembersih wajah atau cleanser bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang tertinggal, setelah penggunaan make up remover.

Spot treatment

Kamu dapat menggunakan produk antiinflamasi tertentu secara efektif untuk mengobati jerawat atau bercak hitam di kulit.

– Krim malam atau masker tidur. Produk skincare ini merupakan urutan terakhir yang perlu digunakan di malam hari. Perlu diketahui bahwa krim malam atau masker tidur merupakan pelembap yang dapat membantu perbaikan kulit secara optimal.

Itulah urutan pakai skincare pagi dan malam hari yang benar. Perlu dipahami, penggunaan skincare di pagi dan malam hari memiliki tujuan yang berbeda sehingga perlu dilakukan dengan tepat.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement