Advertisement

Penderita Diabetes Rentan Alami Gangguan Mata

Newswire
Senin, 17 Oktober 2022 - 20:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Penderita Diabetes Rentan Alami Gangguan Mata Ilustrasi periksa mata. - Harian Jogja - Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selain kebiasaan menggunakan gawai secara berlebihan, gangguan penglihatan juga bisa disebabkan oleh penyakit diabetes. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan satu dari tiga penderita diabetes beresiko terkena retinopati diabetikum. Gangguan mata ini terjadi pada penderita diabetes.

Indonesia saat ini menempati peringkat 5 dunia dengan penderita diabetes terbanyak. Rupanya, penderita diabetes tipe 1 dan 2 berisiko menderita Diabetik Makular Edema (DME) dan kehilangan penglihatan.

Advertisement

Dilansir dari Antara, dokter spesialis mata dari Universitas Indonesia, Gitalisa Andayani mengatakan sebanyak 43% pasien diabetes memiliki risiko untuk menderita diabetik retinopati, penyebab utama kebutaan pada populasi usia kerja. Bahkan, 26% di antaranya juga memiliki risiko kehilangan penglihatan.

Pada penderita diabetes, terlalu banyak gula darah dapat merusak pembuluh darah kecil di dinding belakang bagian dalam mata atau retina. Bahkan, bisa saja menyumbat pembuluh darah secara keseluruhan.

"DME secara umum diakibatkan oleh keadaan hiperglikemia pada pembuluh darah retina yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama pada penderita retinopati diabetik," kata Gitalisa dikutip dari Antara, Senin (17/10).

DME merupakan salah satu gangguan penglihatan berat yang kerap terjadi pada usia produktif atau di bawah 50 tahun. Pada akhirnya, DME mampu menyebabkan hilangnya produktivitas.

Gitalisa juga menyebutkan jika DME biasanya mempengaruhi mempengaruhi hubungan dengan keluarga, komunitas, bahkan dengan masyarakat secara luas, sehingga tak jarang penderitanya mengalami stres.

Gejala awal DME, jelas dia, biasanya diawali dengan penglihatan yang mulai kabur. Kemudian hilangnya warna kontras yang bisa dikenali mata, sampai akhirnya timbul titik buta.

Untuk itu, menurutnya perlu dipahami apa saja faktor risikonya. "Beberapa faktor risiko DME seperti menderita Diabetes Melitus (DM) dalam waktu yang sudah panjang, memiliki riwayat hipertensi dan hiperkolesterol, obesitas, serta tidak mampu mengontrol gula darah,” katanya.

Dia menegaskan perlunya skrining DME, terutama untuk orang yang punya penyakit diabetes. Kemudian diagnosis DME ditegakkan setelah ditemukan adanya penurunan penglihatan yang tajam, gambaran khas pada makula dengan pemeriksaan funduskopi, dan adanya penebalan makula yang disertai dengan ditemukannya gambaran penebalan makula pada Optical Coherence Tomography (OCT).

Pasien diabetes melitus bisa mengalami perkembangan penyakit retina, mulai dari NPDR (Non-Prolifereative Diabetic Retinopathy) yang ringan hingga berat. Kemudian, penyakit itu dapat berkembang menjadi PDR (Proliverative Diabetic Retinopathy) awal, risiko tinggi, dan tingkat lanjut.

Gitalisa menegaskan dalam setiap tahapan penyakit tersebut dapat berubah menjadi DME jika kelainan terjadi pada makula. Jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan kebutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement