Advertisement

Sering Bikin Insecure, Simak Cara Alami Menghilangkan Tahi Lalat Berikut!

Lajeng Padmaratri
Senin, 17 Oktober 2022 - 22:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Sering Bikin Insecure, Simak Cara Alami Menghilangkan Tahi Lalat Berikut! Ilustrasi kulit wajah. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memiliki tahi lalat di beberapa titik pada area wajah maupun tubuh seringkali memicu rasa khawatir dan kurang percaya diri. Tak jarang, beberapa orang berharap bisa menghilangkan tahi lalatnya. 

Menurut suatu studi, kebanyakan orang memiliki 10 hingga 40 tahi lalat di suatu tempat pada kulitnya. Tahi lalat biasanya mulai nampak pada masa kanak-kanak hingga remaja dengan warna merah muda, coklat, atau hitam.

Advertisement

Perlu diketahui bahwa sebagian besar tahi lalat itu tidak berbahaya. Namun, jika tahi lalat sudah berubah warna, berubah bentuk, menimbulkan rasa gatal atau mengeluarkan darah, maka hal ini perlu diwaspadai. Segeralah melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter.

Tahi lalat yang tidak memiliki gejala apapun dapat dihilangkan dengan menggunakan cara dan bahan yang sederhana.

Namun, jangan sekalipun Anda terpikirkan untuk menghilangkan tahi lalat sendiri menggunakan benda tajam yang ada di rumah. Menghilangkan tahi lalat dengan memotong atau mencungkilnya dengan benda tajam seperti gunting atau silet akan meningkatkan risiko infeksi, terutama jika alat yang digunakan itu tidak disanitasi dengan benar.

Selain itu, menghilangkan tahi lalat dengan alat tajam justru dapat memberikan bekas luka permanen pada bekas tempat tahi lalat.

Berikut cara alami untuk menghilangkan tahi lalat.

1. Kulit pisang

Kulit pisang memiliki kandungan enzim yang dapat membantu menghilangkan penumpukan tahi lalat di kulit. Caranya cukup oleskan kulit pisang secara rutin pada kulit dan biarkan hingga 15 menit. Setelah itu, Anda dapat membasuhnya dengan air hangat.

2. Bawang Putih

Serupa dengan kulit pisang, bawang putih juga memiliki kandungan enzim yang berkhasiat untuk membantu menghilangkan penumpukan melanosit pada kulit.

3. Aloe vera

Aloe vera atau yang lebih dikenal dengan lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat secara alami. Aloe vera memiliki kandungan antibakteri, antioksidan, dan anti peradangan yang mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit salah satunya untuk menghilangkan penumpukan tahi lalat.

4. Lemon

Lemon yang memiliki kandungan nutrisi vitamin c yang tinggi, diketahui mampu membantu mengatasi berbagai macam permasalahan pada kulit. Anda dapat menghilangkan tahi lalat dengan mengoleskan secara langsung lemon ke kulit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang efektif.

5. Cuka apel

Sari cuka apel memiliki khasiat yang baik untuk kulit, seperti menghilangkan jerawat dan menyamarkan noda hitam. Selain itu Anda juga dapat mengoleskan satu cuka apel ke tahi lalat yang ada di tubuh Anda.

Itu tadi sejumlah cara ampuh yang bisa dicoba untuk menghilangkan tahi lalat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement