Advertisement

Ini Manfaat Tidur Tanpa Bantal

Astrid Prihatini Wisnu Dewi
Rabu, 19 Oktober 2022 - 03:27 WIB
Jumali
Ini Manfaat Tidur Tanpa Bantal Ilustrasi bangun tidur - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO -- Sejumlah orang memilih tidur tanpa bantal, lalu adakah manfaat kebiasaan ini bagi tubuh? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Bantal menjadi teman setia untuk menemani tidur. Bahkan, alas kepala ini disebut dapat membuat tidur terasa lebih nyaman.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA : Utang Tidur Bisa Dibayar?

Justru, ada orang yang bisa tidur dengan nyenyak tanpa bantal. Sebenarnya tidur tidak pakai alas kepala ini bukan suatu masalah, karena kondisi ini memiliki kelebihannya tersendiri.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika tidur tanpa bantal seperti dikutip dari hellosehat.com pada Selasa (18/10/2022):

1. Mendukung kesehatan punggung dan leher

Posisi tidur ini dapat membuat punggung bisa beristirahat dalam posisi natural, sehingga Anda tidak akan merasakan sakit punggung keesokan harinya. Sementara itu, tidur menggunakan alas kepala yang terlalu empuk dapat menyebabkan otot leher meregang dan mengurangi aliran darah menuju ke otak.

Bahkan, jika kepala Anda miring ke bawah saat tidur dengan alas kepala yang tidak dapat menyokong kepala, aliran udara menuju ke sistem pernapasan akan berkurang.

Hal tersebut dapat menyebabkan Anda terbangun keesokan paginya dengan kondisi kepala terasa sakit. Oleh sebab itu, tidur menggunakan alas kepala ini sebenarnya berpotensi menyebabkan Anda mengalami berbagai kondisi kesehatan.

Advertisement

Di sisi lain, menurut Sleep Advisor, saat Anda tidur dengan bantal yang bertumpuk, Anda akan merasakan sakit pada bagian punggung. Bahkan, hal tersebut berpotensi merusak tulang belakang.

Oleh sebab itu, tidur tanpa bantal mungkin bisa menjadi salah satu alternatif, khususnya bagi Anda yang sudah mulai merasakan sakit pada bagian punggung dan leher.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Jika Anda mengalami gangguan tidur, tak ada salahnya merasakan manfaat tidur tanpa bantal. Kok bisa? Nah, ternyata tidur tidak menggunakan alas kepala bisa membantu Anda terlelap dengan nyenyak. Pasalnya, tidur dalam kondisi ini termasuk posisi optimal untuk tubuh Anda beristirahat.

Advertisement

Apalagi, saat Anda tidur menggunakan bantal yang tidak sesuai, tanpa sadar, otot punggung dan leher harus menahan akibatnya. Hal ini justru menambah masalah pada kondisi kesehatan Anda. Bagaimana tidak? Tidur yang seharusnya menjadi waktu Anda beristirahat justru membuat Anda semakin merasa tak nyaman saat bangun keesokan paginya.

Jika tak segera diatasi, kondisi tersebut bisa menyebabkan berbagai gangguan tidur. Mulai dari tidur tak nyaman, sering terbangun tengah malam, hingga sering berganti-ganti posisi tidur mungkin terjadi akibat kondisi tidur ini. Oleh karena itu, tidur tanpa bantal mungkin menjadi solusi yang dapat membantu Anda mendapatkan waktu tidur yang sesuai dengan kualitas tidur yang baik.

3. Menjaga kesehatan kulit wajah

Percaya atau tidak, tidur tanpa bantal ternyata dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit wajah. Pasalnya, saat tidur menggunakan alas kepala, kulit wajah akan tertekan pada alas kepala ini, khususnya saat Anda tidur menyamping.

Saat itu, pori-pori wajah tidak mendapatkan kesempatan untuk bernapas sehingga berpotensi menyebabkan wajah menjadi berkeringat dan terjadi penumpukan lemak dan minyak pada wajah.

Advertisement

Jika sudah demikian, wajah bisa terserang jerawat karena debu dan kotoran yang mungkin menempel pada wajah setiap malam. Terlebih lagi jika Anda jarang mencuci sarung bantal yang Anda gunakan.

Sementara itu, tidak menggunakan bantal dapat membantu kulit wajah menjadi lebih terawat. Setidaknya, Anda bisa menghindari kemungkinan kulit wajah mengalami masalah akibat menempel pada bantal saat terlelap.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual sebagai Peserta Pemilu 2024

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Forum Tembang Tidar Ajak Masyarakat Kelola Sanitasi

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement