Advertisement

Tanda Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai, Berlaku untuk Orang Dewasa dan Anak-anak

Hesti Puji Lestari
Rabu, 19 Oktober 2022 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Tanda Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai, Berlaku untuk Orang Dewasa dan Anak-anak Ilustrasi ginjal manusia - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sedikitnya 99 anak di Indonesia meninggal dunia karena gagal ginjal akut. Menurut dugaan sementara dari berbagai pihak, gagal ginjal yang terjadi pada anak-anak ini adalah efek dari konsumsi obat sirup.

Kementerian Kesehatan kini telah melarang penjualan obat sirup di apotek. Dokter juga disarankan tidak memberikan obat sirup kepada pasiennya. Gagal ginjal memang menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Biasanya, gagal ginjal menyerang orang dewasa dengan alasan tertentu.

Advertisement

Misalnya saja mereka yang punya penyakit tekanan darah tinggi, penyakit gula, dan suka minum-minuman berenergi serta jarang minum air putih.

Terkadang, penyakit gagal ginjal tidak memiliki gejala yang jelas karena tiba-tiba penderitanya langsung mengalami gagal ginjal stadium 5 yang mengharuskan mereka cuci darah seumur hidup. Berikut ini adalah gejala atau gagal ginjal yang penting diketahui:

BACA JUGA: 6 Anak di Jogja Meninggal Dunia, Kenali Gejala Ginjal Akut

1. Cepat lelah, kurang energi, atau sulit berkonsentrasi. 

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan dapat membuat sulit untuk berkonsentrasi. 

2. Sulit tidur

Ketika ginjal tidak menyaring dengan benar, racun tetap berada di dalam darah. Hal ini dapat membuat sulit untuk tidur. Ada juga hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis.

3. Kulit kering dan gatal

Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Mereka menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh dan membantu membuat sel darah merah.

Itulah mengapa jika ginjal bermasalah maka kulit akan cenderung kering dan gatal.

4. Sering buang air kecil

Jika kamu merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal.

Ketika filter ginjal rusak, dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

5. Ada darah dalam urin

Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urin, tetapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini bisa mulai "bocor" ke dalam urin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Dia 2 Nama yang Bakal Disurvei Golkar untuk Pilkada Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Bawa Sabu-Sabu 5 Kg dan Ribuan Pil Ekstasi, Penumpang Pesawat Diamankan Petugas Bandara Soetta

News
| Kamis, 18 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement