Advertisement

Pernah Memakai Kosmetik Kedaluwarsa? Ketahui Efeknya!

Astrid Prihatini Wisnu Dewi
Kamis, 20 Oktober 2022 - 04:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Pernah Memakai Kosmetik Kedaluwarsa? Ketahui Efeknya! Ilustrasi menggunakan make up. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Banyak orang mungkin tak sadar ketika membeli banyak kosmetik kemudian lupa untuk memakainya dan justru hanya disimpan. Alhasil, produk kosmetik, seperti bedak dan lipstik, hanya tergeletak dalam laci meja rias dan melewati masa kedaluwarsa.

Memang sebaiknya pengguna riasan terbiasa mengecek apakah produk kosmetik tersebut sudah melewati batas expired date atau belum. Jika sudah ada produk yang sudah melewati batas expired date, sebaiknya memang dibuang.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Namun, bagaimana jika tanpa sengaja memakai make up yang sudah kedaluwarsa, adakah efek sampingnya? Sebelum mengetahui dampaknya, ketahui terlebih dulu ciri-cirinya.

Kenali dahulu apa saja tanda-tanda kosmetik yang sebenarnya sudah tidak layak pakai, seperti:

1. Mendekati tanggal kedaluwarsa,

2. Tekstur produk berubah menjadi lebih kering, menggumpal, atau tidak lembut

3. Bau pada kosmetik ikut berubah.

Bila kosmetik yang hendak kamu pakai mengalami salah satu atau lebih dari ciri-ciri di atas, sebaiknya segera buang produk tersebut.

Advertisement

Hal ini dikarenakan kondisi di atas menandakan bahan aktif pada produk tidak berfungsi dengan baik, sehingga tidak memberikan manfaat yang sama. Bahkan, kandungan di dalamnya juga dapat terurai dan menjadi bentuk lain yang mungkin bersifat beracun terhadap kulit Anda.

Berikut ini sejumlah efek memakai make up kedaluwarsa:

1. Infeksi mata

Advertisement

Salah satu masalah yang dapat terjadi pada Anda ketika menggunakan kosmetik kedaluwarsa, terutama maskara atau eye-liner, yaitu infeksi mata. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam International Journal of Cosmetic Science.

Studi ini mencoba menyelidiki kebiasaan mahasiswi tentang pemakaian make-up dan mengukur kontaminasi bakteri dalam maskara yang digunakan.

Hasilnya, beberapa siswa mengalami ciri-ciri infeksi mata, seperti mata berair, kemerahan, dan gatal-gatal.

Meski begitu, gejala infeksi mata ini hanya terjadi pada sebagian kecil peserta. Para peneliti masih perlu meneliti lebih lanjut untuk melihat hasil yang lebih pasti lagi.

Advertisement

2. Jerawat

Selain infeksi mata, memakai make up kedaluwarsa juga memiliki efek menimbulkan masalah jerawat yang mengganggu. Sebagai contoh, bahan alas bedak yang telah habis masa temponya biasanya akan terpisah. Bahan minyak pada kosmetik ini akan naik ke atas.

Bila kamu terus menggunakannya, kandungan konsentrasi minyak yang tinggi ini dapat menyumbat pori-pori kulit. Akibatnya, kulit berisiko mengalami jerawat.

Advertisement

3. Herpes labialis (oral/mulut)

Herpes labialis atau oral merupakan kondisi pada mulut, bibir, atau gusi yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks-1 (HSV-1).  Infeksi virus ini bisa muncul dari berbagai hal, mulai dari stres hingga penggunaan kosmetik yang kedaluwarsa, terutama lipstik atau lipbalm.

Lipstik mengandung bahan alami yang dapat menghidrasi bibir. Namun, kandungan di dalamnya dapat mengering ketika terkena udara.  Bila lipstik atau lipbalm terpapar virus herpes, tentu dapat menyebar ke mulut atau bibir Anda. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan lipstik.

4. Efek samping lainnya

Advertisement

Selain ketiga kondisi medis di atas, memakai make up kedaluwarsa dapat memicu berbagai efek samping lainnya yang perlu Anda waspadai, yaitu:

– iritasi,

– ruam kulit,

– kulit kemerahan,

– pigmentasi kulit, dan

– dermatitis kontak.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ratusan Guru SMK Pamerkan Karya Inovasi di Vredeburg

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement