Advertisement

Pengeroposan Tulang Lebih Rentan Menyerang Wanita

Newswire
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 06:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Pengeroposan Tulang Lebih Rentan Menyerang Wanita Ilustrasi osteoporosis. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dibandingkan laki-laki, kaum perempuan lebih rentan terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Osteoporosis merupakan suatu kondisi tulang yang melemah, rapuh, dan berisiko tinggi untuk patah. Biasanya, patah tulang karena osteoporosis paling sering terjadi pada tulang belakang, pergelangan tangan, pangkal lengan, dan panggul.

Advertisement

Kaum perempuan patut waspada karena penyakit ini lebih rentan menyerang perempuan. Hal ini salah satunya disebabkan hormon seks.

Osteoporosis pada perempuan bisa dipengaruhi faktor hormonal saat seorang wanita mengalami menopause atau berakhirnya siklus menstruasi. Menopause biasanya terjadi saat memasuki usia 45 tahun.

"Osteoporosis itu pada wanita bisa terjadi lebih cepat, karena adanya perubahan hormonal saat menopause," ujar dokter spesialis tulang RS Medistra Kiki Novito dikutip dari Antara, Jumat (21/10/2022).

Ia menjelaskan tulang manusia mengalami remodeling atau pergantian tulang yang sudah tua menjadi tulang yang baru. Proses yang terjadi seumur hidup itu sangat dipengaruhi oleh hormon seks yakni estrogen pada perempuan dan testosteron pada laki-laki.

"Pada wanita, proses remodeling tulang itu sangat dipengaruhi oleh hormon estrogen. Sedangkan kalau pria kan hormon seksnya bertahan lebih lama, bisa sampai umur di atas 65 atau 70. Sehingga pada wanita, osteoporosis itu lebih cepat menyerang," jelas Kiki.

Namun, Kiki juga mengingatkan bahwa hormon seks bukan satu-satunya yang dapat mempengaruhi seseorang untuk mengalami osteoporosis.

Pasalnya, osteoporosis juga dapat dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat seperti kurang bergerak, memiliki kebiasaan merokok, minum alkohol, dan kurang mengonsumsi kalsium dan vitamin D. Selain itu, lanjut dia, ada pula faktor penyebab osteoporosis yang tak bisa dihindari yaitu pengaruh genetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement