Advertisement

Ketika Mengalami Ciri-Ciri Berikut, Segera Datangi Psikolog

Newswire
Sabtu, 22 Oktober 2022 - 02:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Ketika Mengalami Ciri-Ciri Berikut, Segera Datangi Psikolog Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masalah kesehatan mental bisa sangat mengganggu bagi kehidupan sehari-hari.

Psikolog menyarankan jika permasalahan tersebut sudah mengganggu rutinitas, maka itu waktu yang tepat untuk segera menemui tenaga professional, seperti psikolog ataupun psikiater. Dengan begitu, kondisi kesehatan mentalnya bisa mendapatkan solusi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Psikolog klinis Saskhya Aulia Prima menuturkan ada beberapa ciri seseorang yang butuh terhubung dengan tenaga kesehatan profesional ketika kegiatan rutin hariannya terganggu. Pola harian itu biasanya bermasalah terus-menerus lebih dari dua pekan.

Adapun terganggunya pola kegiatan rutin yang dimaksud seperti pola tidur yang berlebihan atau tidak bisa tidur, pola makan yang tidak teratur karena tidak nafsu makan, hingga malas untuk membersihkan diri.

Selain itu, ciri lain dari seseorang yang membutuhkan bantuan tenaga profesional untuk menangani masalah kesehatan mentalnya adalah ketika seseorang tersebut kerap berpikiran negatif hingga menyakiti diri sendiri.

Tidak hanya itu, masalah lainnya yang muncul adalah tidak adanya motivasi diri untuk beraktivitas sehingga akhirnya performa dan produktivitasnya berakhir terbengkalai.

"Jika ternyata ciri-ciri itu terus dialami berulang kali, ini perlu segera ke profesional. Jika misalnya merasa tidak nyaman, bisa mengajak teman dekat atau saudara yang benar-benar dipercaya untuk ikut menemani konsultasi," kata Saskhya dikutip dari Antara, Sabtu (22/10/2022).

Saskhya menyebutkan meski dalam beberapa tahun terakhir topik mengenai kesehatan mental serta kesehatan jiwa sudah mulai diterima baik kepada masyarakat, tidak sedikit masyarakat yang masih ragu untuk menghubungi tenaga profesional untuk membantu menyelesaikan masalah kesehatan mental.

Advertisement

Di samping makin banyaknya penerimaan masyarakat terhadap isu kesehatan mental, rupanya banyak juga masyarakat yang melakukan diagnosa mandiri atau "self diagnosed" berdasarkan informasi yang tersebar di ruang digital.

Padahal diagnosa untuk kesehatan mental sama halnya dengan diagnosa untuk kesehatan fisik hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional.

Dalam hal kesehatan mental, diagnosa seseorang mengalami masalah kesehatan mental hanya bisa ditegakkan oleh psikolog ataupun psikiater.

Advertisement

Untuk itu ada baiknya jika sudah mengalami ciri-ciri di atas yang mengganggu rutinitas keseharian, agar segera mencari bantuan profesional.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Atlet Muda Sleman Diguyur Bonus

Sleman
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kepulauan Widi Dilelang di Amerika Serikat, Gobel Dukung Pemerintah Beri Perlindungan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement