Advertisement

Tips Agar Bisa Menabung Harian

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 22 Oktober 2022 - 19:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Agar Bisa Menabung Harian Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Menabung sama pentingnya dengan berinvestasi. Kegiatan ini juga menjadi salah satu yang sangat dianjurkan untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan.

Menabung dapat dilakukan kapan pun sesuai kemampuan masing-masing orang. Namun ada baiknya jika menabung dilakukan secara berkala dan rutin agar uang yang terkumpul dapat digunakan untuk kebutuhan di masa depan. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menabung dapat dilakukan harian, bulanan, ataupun tahunan. Lantas bagaimana cara agar bisa menabung harian? Dilansir dari laman BCA berikut ini cara menabung harian:

1. Tentukan metode menabung

Ada banyak metode menabung yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah metode menabung secara manual. Maksud dari menabung secara manual adalah menyisihkan sisa dana yang ada dari transaksi keuangan sehari-hari.

Meskipun ternyata sisa belanja harian hanya dalam bentuk pecahan koin Rp500 atau Rp1.000, tetap kumpulkan sisa belanja harian tersebut ke dalam satu celengan yang sama.

Siapa sangka, dari uang koin tersebut bisa menghasilkan uang kertas ratusan ribu hingga jutaan rupiah bila rutin dilakukan.

Saat kebiasaan menabung telah dibangun, siapa pun sudah mulai konsisten menabung dari nominal terkecil atau menyisihkan dari sisa belanja harian. Setelah itu, mulailah beralih ke tingkat selanjutnya yakni meningkatkan nominal nabung harian.

Bila semula Rp10.000 per hari, bisa ditingkatkan menjadi Rp15.000 atau Rp20.000 per hari.

Advertisement

2. Menetapkan batas maksimal belanja online

Tips menabung harian selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan belanja online. Kemudahan berbelanja secara online dari rumah ini yang meningkatkan sifat impulsif dan konsumtif.

Mulai dari belanja sekunder seperti pakaian hingga kebutuhan primer seperti sayur-mayur sudah bisa dilakukan secara online.

Bedakan mana belanja online yang memang dibutuhkan dan memiliki tingkat urgensi yang tinggi dan mana yang hanya sekadar belanja untuk melegakan sifat konsumtif.

Advertisement

Dengan begitu, bisa membuat batasan diri saat berbelanja online dan terhindar dari sikap kalap saat berbelanja online.

3. Manfaatkan promo dan diskon

Tidak dimungkiri jika keinginan untuk melepas penat kerap muncul saat seharian beraktivitas. Biasanya, hal ini bisa dilakukan dengan berbelanja, makan di restoran, hang out di coffee shop, ataupun nonton bersama pasangan, keluarga atau teman dekat.

Sesekali tidak masalah untuk menjernihkan pikiran. Untuk menyiasatinya, bisa manfaatkan berbagai promo dan diskon yang disediakan baik oleh merchant, marketplace atau e-commerce.

Saat berbelanja offline biasakan bertanya diskon atau promo apa yang sedang berlaku. Hal tersebut juga berlaku saat berbelanja secara online, cari terlebih dahulu diskon dan promo apa yang sedang ditawarkan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement