Advertisement

Selain Perawatan, Konsumsi Makanan Sehat Bisa Bikin Kulit Glowing

Lajeng Padmaratri
Senin, 24 Oktober 2022 - 06:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Selain Perawatan, Konsumsi Makanan Sehat Bisa Bikin Kulit Glowing Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perawatan kulit tak hanya bisa dilakukan melalui perawatan di salon kecantikan. Namun, harus diimbangi dengan memberikan nutrisi dari dalam.

Saat ini, tren penggunaan skincare atau produk perawatan kulit untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya atau glowing sudah semakin jadi favorit. Meski demikian, konsumsi makanan sehat juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kulit.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kulit manusia akan menua secara alami. Penuaan kulit bisa dipercepat akibat paparan sinar matahari hingga gizi yang buruk. Oleh karena itu, menjaga asupan makanan sehat juga menjadi salah satu bentuk investasi untuk kesehatan kulit. 

Ada  berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Berikut sejumlah tipsnya dikutip dari berbagai sumber.

1. Makan buah dan sayuran yang kaya antioksidan

Buah dan sayuran yang kaya antioksidan bagus untuk kulit, seperti jeruk, tomat, beri, cengkih, dan sayuran hijau. Sebab, kandungan antioksidan itu bisa melawan radikal bebas. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

2. Makan lemak sehat dari minyak ikan

Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan herring, adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Ikan-ikan ini kaya akan sumber asam lemak omega-3, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Advertisement

3. Makan lemak baik dari kacang-kacangan

Sebagian besar orang beranggapan bahwa kacang bikin jerawat bermunculan di wajah. Padahal, kacang tidak mengandung hal yang menyebabkan jerawat.

Faktanya, kacang justru mengandung asam amino tinggi, zat besi, kalsium, vitamin E, dan lemak baik. Semua kandungan nutrisi ini jelas baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, karena bisa memperbaiki kolagen dan sel kulit serta mencegah penuaan dini.

Advertisement

4. Makanan yang beragam dan seimbang

Perlu dipahami, banyak makanan yang baik untuk kulit sehat juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sehingga, alih-alih berfokus pada makanan tertentu untuk kesehatan kulit, sebaiknya fokus pada pola makan sehat secara umum dengan variasi yang beragam untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Di samping itu, dengan menambah keragaman makanan yang sehat dan seimbang, perlu disertai upaya mengurangi makanan yang bisa menyebabkan masalah kulit, seperti makanan tinggi gula olahan, karbohidrat, dan lemak tidak sehat bisa meningkatkan penuaan kulit.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual sebagai Peserta Pemilu 2024

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Bukan di Indonesia, Bola Al Rihla Piala Dunia Qatar Ternyata Dibuat di Sini

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement