Advertisement

Mengenal Sandwich Generation hingga Dampaknya terhadap Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 24 Oktober 2022 - 07:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Mengenal Sandwich Generation hingga Dampaknya terhadap Kesehatan Generasi sandwich / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Akhir-akhir ini, istilah sandwich generation banyak digunakan. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud sandwich generation? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Berdasarkan penjelasan dari situs sikapiuangmu.ojk.go.id yang dikutip Bisnis.com, istilah sandwich generation ternyata dikenalkan pada tahun 1981 oleh Dorothy A. Miller yang merupakan seorang profesor dan direktur praktikum University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat. Sandwich generation atau generasi sandwich adalah orang dewasa yang dalam hidupnya menanggung tiga generasi yakni orang tua atau keluarganya, diri sendiri, dan anaknya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Hal tersebut, menggambarkan generasi tersebut seperti sebuah sandwich atau roti isi, dimana ada dua roti di bagian atas dan bawah sedangkan di tengahnya ada roti dan sayur. Roti bagian atas diibaratkan orang tua atau keluar. Roti bagian bawah dianalogikan anak. Sedangkan generasi tersebut berada ditengah seperti daging dan sayur yang terhimpit.

Kondisi generasi sandwich bisa dialami laki-laki maupun perempuan. Umumnya, mereka yang masuk dalam generasi ini berada di rentang usia 30-40 tahun walaupun ada juga yang memiliki usia 30-50 tahun.

Ciri-ciri Generasi Sandwich

Ciri-ciri sandwich berbeda-beda tergantung kategorinya. Setidaknya, sandwich generation ini terbagi menjadi tiga kelompok, berikut penjelasannya.

1. The traditional sandwich generation

Ciri-ciri generasi sandwich yang masuk dalam kategori ini yaitu orang dewasa berumur 40-15 tahun. Mereka yang berada dalam kelompok ini harus menanggung beban orang tua yang sudahnya sudah lanjut sekaligus menanggung anaknya sendiri.

Advertisement

2. The club sandwich generation

Kategori sandwich generation selanjutnya yaitu the club sandwich generation. Mereka yang masuk dalam kategori ini umumnya sudah berumur 30-60 tahun. Mereka masih menanggung hidup orang tua, anak, cucu, hingga kakek dan nenek.

3. The open faced sandwich generation

Advertisement

Ciri-ciri generasi sandwich lainnya yaitu kelompok masyarakat yang terlibat di dalam pengasuhan orang tua. Akan tetapi, bukan pekerja profesional di bidang tersebut.

Dampak Generasi Sandwich

Menjadi seorang sandwich generation tidaklah mudah. Tak jarang, seseorang yang menjalani peran ini mengalami kesulitan. Adapun beberapa dampak generasi sandwich yang sering dirasakan, seperti berikut:

1. Lelah secara fisik maupun mental

Advertisement

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa seseorang yang berperan sebagai generasi sandwich harus menanggung hidup tiga generasi dalam satu waktu. Hal inilah yang seringkali membuat yang bersangkutan merasa lelah baik fisik ataupun mental.

Kelelahan secara fisik bisa biasanya diakibatkan mereka harus bekerja keras dan bekerja lebih lama agar mendapatkan penghasilan lebih untuk menanggung kehidupan tiga generasi. Beban pekerjaan yang besar ini jugalah yang menjadi pemicu stres dan lelah secara mental.

2. Terlalu sering merasa bersalah

Advertisement

Meskipun sudah menanggung biaya hidup banyak orang, namun para sandwich generation ternyata sering mengalami rasa bersalah. Perasaan ini muncul ketika yang bersangkutan tidak bisa memenuhi ekspektasi atau harapan orang tua maupun anaknya. Rasa bersalah inilah yang juga bisa mengganggu kesehatan mental.

3. Memiliki rasa khawatir berlebih

Tak hanya merasa bersalah, generasi sandwich juga sering sering merasa khawatir berlebih. Biasanya, mereka akan merasa khawatir tidak bisa memberikan yang terbaik untuk orang tuanya atau merasa khawatir akan masa depan anaknya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cerita Pelajar Gunungkidul Terseret Banjir, 1,5 Jam Berpegangan di Pohon Kayu Putih

Gunungkidul
| Rabu, 30 November 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement