Advertisement

Jika Anak Kehujanan, Segera Lakukan Hal Ini Agar Tidak Jatuh Sakit

JIBI
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 11:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Jika Anak Kehujanan, Segera Lakukan Hal Ini Agar Tidak Jatuh Sakit Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Di musim hujan pasti ada kalanya kita pernah mengalami kehujanan di jalan, termasuk anak-anak saat pulang sekolah. Jika tidak siap sejak dari rumah misalnya membawa payung atau jas hujan, sudah pasti tubuh bakal basah kena air hujan.

Jika daya tahan tubuh kurang bagus atau sedang tidak fit, bisa dipastikan mudah sakit. Karena itu sebaiknya di musim penghujan seperti ini kita harus menjaga tubuh supaya tetap fit dengan makanan bergizi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Agar anak tidak jatuh sakit setelah kehujanan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan orang tua.

Berikut ini ada sejumlah cara untuk mencegah anak jatuh sakit sakit seperti dikutip dari halodoc.com melalui Solopos.com, Jumat (28/10/2022).

1. Segera Ganti Baju yang Basah

Begitu sampai rumah, segeralah ganti baju yang basah. Jangan menunda-nunda untuk ganti baju karena hawa dingin akibat hujan bisa saja membuat tubuh kedinginan. Dan jika baju kalian tidak basah, sebaiknya tetaplah untuk segera ganti baju agar tidak kedingann.

Selain agar tidak kedinginan, mengganti baju setelah pulang sekolah atau setelah kehujanan akan membuat bakteri dan virus yang menempel pada baju tidak menyebabkan penyakit di tubuh.

2. Mandi dengan Air Hangat

Advertisement

Selain mengganti baju setelah kehujanan, cara berikutnya cegah anak sakit setelah kehujanan adalah mandi dengan air hangat. Selain agar tubuh merasa segar dan tidak kedinginan, mandi dengan air hangat bisa membersihkan tubuh dari virus dan bakteri yang berkeliaran yang hinggap di tubuh.

Ketika mandi jangan lupa untuk membasahi seluruh tubuh termasuk rambut sampai ujung kaki. Setelah itu keringkan tubuh, terutama keringkan bagian rambut agar tidak merasa pusing dan tidak kedinginan.

3. Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Advertisement

Hangatkan tubuh dengan mengonsumsi makanan atau minuman hangat. Jika tidak terlalu lapar, setidaknya minumlah air hangat atau teh panas dicampur dengan madu dan lemon. Perpaduan lemon dan madu pada teh dapat mencegah flu dan juga akan membuat tubuh lebih hangat serta lebih nyaman.

4. Lakukan Stretching Ringan

Setelah pulang sekolah dengan keadaan habis kehujanan, tubuh kalian pasti menggigil kedinginan dan merasa kaku. Oleh karena itu, bisa melakukan sedikit peregangan ringan agar tubuh lebih rileks. Hal ini juga berguna agar tubuh menjadi lebih hangat dan dapat memperlancar aliran darah kalian.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cerita Pelajar Gunungkidul Terseret Banjir, 1,5 Jam Berpegangan di Pohon Kayu Putih

Gunungkidul
| Rabu, 30 November 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement