Advertisement

Mengenal Benzena, Kandungan Produk Unilever AS yang Bisa Picu Kanker

JIBI
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 09:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Mengenal Benzena, Kandungan Produk Unilever AS yang Bisa Picu Kanker Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sejumlah produk Unilever yaitu Dove, TRESemme, Nexxus, Suave, dan TIGI ditarik oleh Food and Drug Administration (FDA) dari Amerika Serikat karena memiliki kandungan benzena yang berpotensi jadi penyebab kanker. Berikut penjelasan mengenai kandungan Benzena.

Sebelumnya, kasus serupa pernah terjadi pada Agustus 2022 lalu saat produsen Banana Boat, Edgewell Personal Care Co., mengumumkan penarikan secara sukarela pada produk yang memiliki kandungan benzena, yaitu Banana Boat Hair and Scalp Spray SPF 30. Diketahui, paparan benzena dalam jumlah banyak dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Benzena adalah salah satu jenis bahan kimia yang tidak memiliki warna atau cairan kuning muda saat berada di dalam suhu ruang. Bahan kimia ini memiliki aroma yang manis namun sangat mudah terbakar.

Dikutip dari halodoc.com melalui Solopos.com pada Jumat (28/10/2022), saat terpapar langsung dengan udara, senyawa ini akan mudah menguap. Uap benzena dapat larut dalam air dan mengapung di atas air. Uap ini yang dapat menyebabkan sejumlah gangguan pada kesehatan ketika terpapar secara berulang dalam jumlah yang cukup banyak.

Saat terpapar senyawa ini dalam jumlah yang banyak, kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan pada tubuh. Ia bisa menyebabkan sel tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Senyawa ini juga bisa menyebabkan sumsum tulang tidak dapat memproduksi jumlah sel darah merah sesuai dengan kebutuhan. Ini membuat kamu rentan mengalami anemia.

Selain itu, paparan senyawa ini juga bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Ia akan bekerja dengan mengubah antibodi dalam darah yang menyebabkan hilangnya sel darah putih.

Seseorang yang menghirupnya dalam waktu yang cukup lama dapat mengalami beberapa gejala, seperti:
– Pusing
– Gangguan detak jantung
– Sakit kepala
– Mengantuk
– Tremor
– Kebingungan
– Penurunan kesadaran
– Kematian

Advertisement

Selain itu, kontaminasi dengan benzena bisa terjadi melalui makanan atau minuman yang terpapar uap benzena. Kondisi ini dapat memicu beberapa gejala yang berbeda, seperti:

– Nyeri perut
– Iritasi perut
– Muntah
– Kejang

Lalu, benarkah benzena bisa jadi penyebab penyakit kanker?

Advertisement

Zat kimia ini bisa meningkatkan risiko penyakit kanker, tetapi dengan paparan berulang dan jumlah yang cukup besar.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society mengungkapkan bahwa pengidap kanker darah atau leukimia akibat paparan benzena banyak ditemukan pada orang yang bekerja di dunia industri kimia, pembuatan sepatu, hingga penyulingan minyak.

Jika kamu bekerja di salah satu industri tersebut, jangan lupa untuk selalu menggunakan alat pelindung diri yang sesuai untuk menghindari gangguan kesehatan atau cedera yang bisa dialami.

Jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat dan hindari paparan dari zat kimia yang dapat membahayakan tubuh. Kamu juga bisa rutin mengonsumsi suplemen yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Mengenal Sibaja, Kartun ala Upin Ipin yang Sarat Budi Pekerti Jawa

Jogja
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Warisan Pemberantasan Korupsi Jokowi: Amputasi KPK hingga Pangkas Hukuman Koruptor

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement