Advertisement

Keluhan Batuk Meningkat, Berikut Rekomendasi Obat Alami untuk Orang Dewasa

JIBI
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 04:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Keluhan Batuk Meningkat, Berikut Rekomendasi Obat Alami untuk Orang Dewasa Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belakangan, orang dewasa yang mengeluhkan batuk dan flu meningkat. Di musim seperti ini, menjaga kesehatan menjadi hal yang penting.

Sebelum memakai obat berbahan kimia untuk menyembuhkan batuk, ada baiknya mencoba sejumlah obat herbal yang diklaim paling ampuh mengusir penyakit ini.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sebenarnya, batuk merupakan hal normal yang bisa terjadi oleh siapa saja. Namun, jika batuk tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, gangguan aktivitas sehari-hari, bahkan menyebabkan gangguan tidur.

Selain menggunakan obat-obatan, Anda juga bisa mengembalikan kesehatan dengan mengatasi batuk menggunakan beberapa bahan alami di rumah.

Berikut ini sejumlah obat herbal paling ampuh untuk mengatasi batuk orang dewasa seperti dikutip dari Solopos.com pada Sabtu (29/10/2022):

1. Campuran Teh dengan Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang bisa membantu Anda mengatasi batuk. Bahkan, penelitian dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicines, menunjukkan hasil penggunaan madu lebih efektif mengatasi batuk dibandingkan obat-obatan yang bisa ditemukan di apotek.

Anda bisa membuat campuran teh dengan madu dengan mencampurkan dua sendok teh madu ke dalam teh hangat. Konsumsi minuman ini sekali atau dua kali dalam sehari.

Advertisement

2. Jahe

Jahe sudah lama dikenal masyarakat sebagai obat herbal. Salah satu keluhan kesehatan yang bisa diatasi menggunakan jahe adalah batuk.

Mengonsumsi jahe membuat otot-otot pada saluran napas menjadi rileks. Jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan di tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi air rebusan jahe untuk mengurangi batuk yang kamu alami.

Advertisement

3. Sup Hangat

Mengonsumsi makanan yang hangat dapat membantu kamu melegakan tenggorokan dan meredakan batuk yang dialami. Sebaiknya masukkan sup sayuran atau sup ayam ke dalam menu makan saat Anda mengalami batuk yang tidak membaik.

Selain kuah hangat yang bantu meredakan batuk, sayuran dan nutrisi dari daging yang Anda konsumsi bisa membantu tingkatkan imun tubuh. Dengan begitu, keluhan kesehatan yang dialami bisa segera membaik.

4. Berkumur dengan Air Garam

Advertisement

Berkumur dengan air garam menjadi salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk yang tidak membaik. Caranya, siapkan satu gelas air hangat dan campurkan satu sendok teh garam. Aduk secara perlahan hingga tercampur rata. Setelah itu, gunakan air garam sebagai obat kumur.

Cara ini bisa membantu Anda mengatasi iritasi pada tenggorokan yang bisa menurunkan batuk. Namun, cara ini tidak dapat dilakukan oleh anak-anak dibawah usia enam tahun yang belum mahir untuk berkumur.

5. Kunyit

Advertisement

Kunyit menjadi salah satu tanaman yang telah lama digunakan sebagai obat herbal. Kunyit dinilai bisa membantu Anda mengatasi batuk. Hal ini disebabkan kunyit memiliki senyawa aktif di dalamnya yang dikenal sebagai kurkumin.

6. Nanas

Nanas adalah salah satu buah yang memiliki kandungan bromelain. Kandungan ini bersifat anti inflamasi dan mukolitik yang dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Sehingga nanas sangat baik dikonsumsi pengidap batuk berdahak.

7. Bawang Putih

Bawang putih salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk kering. Bawang putih dipercaya memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan anti peradangan. Kamu Anda menambahkan bawang putih pada masakan yang akan kamu konsumsi.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Mengenal Sibaja, Kartun ala Upin Ipin yang Sarat Budi Pekerti Jawa

Jogja
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Warisan Pemberantasan Korupsi Jokowi: Amputasi KPK hingga Pangkas Hukuman Koruptor

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement