Advertisement

Air Kelapa Baik untuk Kesehatan Ginjal, Ini Faktanya

JIBI
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 10:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Air Kelapa Baik untuk Kesehatan Ginjal, Ini Faktanya Ilustrasi air kelapa / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ada anggapan yang menyatakan bahwa air kelapa baik untuk kesehatan ginjal, termasuk mencegah batu ginjal. Benarkah anggapan tersebut?

Sebagaimana diketahui masalah kesehatan ginjal saat ini sedang jadi sorotan dengan adanya penyakit gagal ginjal akut yang dialami anak-anak. Karena itu penting sekali menjaga kesehatan organ tubuh ini.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Bukan hanya dengan menghindari makanan yang membahayakan kesehatan ginjal, melainkan juga harus melakukan gaya hidup sehat seperti memenuhi kecukupan cairan tubuh dan makan makanan bergizi.

Di bawah ini sejumlah manfaat air kelapa untuk menjaga kesehatan ginjal seperti dikutip melalui Solopos.com, pada Sabtu (29/10/2022):

1. Mencegah pembentukan batu ginjal

Batu ginjal terbentuk apabila konsentrasi kalsium, oksalat, dan asam urat dalam urine meningkat. Mineral dan berbagai zat tersebut mengendap dan membentuk kristal-kristal mineral. Kristal kemudian bertambah banyak dan membentuk batu ginjal.

Pembentukan batu ginjal biasanya berawal karena kurang asupan cairan. Namun, kondisi ini juga bisa disebabkan rendahnya kadar sitrat dalam urine. Padahal, sitrat harusnya bereaksi dengan kalsium dalam urine untuk membentuk kalsium sitrat.

Sebuah studi pada jurnal BioMed Research International menemukan air kelapa bisa menyumbangkan sitrat untuk ginjal. Meski kandungan sitrat air kelapa terbilang rendah, terapi minuman ini bisa menambah konsentrasi sitrat urine.

Advertisement

Selain itu, air kelapa juga mengandung lebih banyak mineral kalium dan klorida dibandingkan buah-buahan lainnya. Kedua zat ini menghasilkan pH basa yang mempersulit proses terbentuknya batu ginjal.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Penyakit tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan penyempitan, pengerasan, atau pelemahan pembuluh darah. Jika kondisi ini menyerang pembuluh ginjal, fungsi ginjal dalam menyaring darah akan terganggu sehingga rusak.

Advertisement

Kabar baiknya, minum air kelapa mungkin bisa mencegah hal ini. Air kelapa kaya mineral kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Asupan kalium terbukti bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi maupun orang yang sehat.

Penelitian lainnya pada hewan pun menunjukkan air kelapa baik untuk ginjal karena dapat mencegah penggumpalan darah. Penggumpalan darah pada pembuluh ginjal cukup sering menyebabkan penyakit ginjal, tapi hal ini jarang disadari.

3. Membantu mengontrol gula darah

Salah satu penyebab gagal ginjal yakni penyakit diabetes yang tidak terkontrol. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak unit penyaring ginjal yang disebut nefron. Kondisi ini lama-kelamaan dapat berujung menyebabkan gagal ginjal.

Advertisement

Sejumlah penelitian pada hewan mengungkapkan air kelapa dapat menurunkan gula darah yang menunjukkan gejala diabetes. Para ahli juga mengamati adanya penurunan tanda-tanda peradangan dan gula darah dalam jangka panjang.

Potensi air kelapa memang menjanjikan, tapi efeknya untuk ginjal manusia masih perlu dikaji lebih lanjut. Meski begitu, tidak ada salahnya bila Anda ingin minum air kelapa sebagai pengganti air putih selama Anda tidak memakai pemanis tambahan.

4. Menambah asupan cairan tubuh

Advertisement

Minum air kelapa merupakan salah satu trik untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda dalam sehari. Sensasinya yang segar dan rasanya yang agak manis mungkin juga bisa membantu orang-orang yang jarang minum air putih untuk minum lebih banyak.

Memenuhi kebutuhan cairan merupakan kunci penting untuk mencegah penyakit ginjal. Pasalnya, saat tubuh Anda kekurangan cairan, konsentrasi mineral dalam urine akan meningkat. Hal ini tentu meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

Namun perlu diketahui juga bahwa meskipun air kelapa memiliki sejumlah manfaat untuk ginjal, tetapi pahami kondisi tubuh Anda terlebih dulu. Bagi orang dengan ginjal yang sehat, air kelapa merupakan minuman kaya berbagai mineral yang berpotensi menyehatkan ginjal mereka.

Minuman ini memang membantu mencukupi kebutuhan cairan, mengontrol gula darah dan tekanan darah, dan bahkan mencegah pembentukan batu ginjal. Namun, penderita gagal ginjal harus berhati-hati dengan kandungan kalium pada air kelapa.

Penyakit ginjal membuat Anda berisiko mengalami kelebihan kalium dalam darah alias hiperkalemia. Kondisi ini ditandai dengan lemah otot, mati rasa, mual dan muntah, serta gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Oleh sebab itu, penderita penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal sebaiknya membatasi minuman yang satu ini. Penuhi kebutuhan cairan Anda sesuai anjuran dokter dan ikuti perawatan secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Mengenal Sibaja, Kartun ala Upin Ipin yang Sarat Budi Pekerti Jawa

Jogja
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Seperti di Korea, Intervensi BUMN Penting untuk Kemajuan UMKM

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement