Advertisement

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Miom dan Kista

JIBI
Minggu, 30 Oktober 2022 - 08:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Miom dan Kista Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kerap dianggap sama, penyakit miom dan kista pada perempuan ternyata berbeda. Berikut penjelasannya.

Melansir Solopos.com, dokter spesialis obgyn konsultan onkologi RS JIH Solo, Hermawan Udiyanto mengatakan, terdapat perbedaan mendasar dari dua penyakit tersebut jika dilihat dari wujudnya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dia mengatakan kista merupakan suatu tumor yang isinya cairan. Adapun bentuknya seperti balon yang berisi air. Lokasinya berada di ovarium.

Sementara itu, miom merupakan tumor padat yang jinak. “Bahasa medisnya mioma uteri. Itu artinya tumor padat yang jinak pada rahim. Jadi kalau miom itu tumornya padat dan tempatnya di rahim atau kandungan, sementara kista indung telur adanya di indung telur,” kata dia dikutip dari Solopos.com, Minggu (30/10/2022).

Meski memiliki perbedaan, baik miom dan kista sama-sama tidak berbahaya. Meskipun begitu, tidak boleh diremehkan.

Melansir situs kesehatan Halodoc, jika kista semakin membesar dan parah bisa menimbulkan berbagai gejala. Mulai dari rasa nyeri pada panggul, menstruasi terhambat, kembung pada perut, dan sering buang air kecil.

Selain itu, gejala yang muncul bisa pendarahan dari vagina, nyeri perut, sakit saat berhubungan seksual atau menstruasi. Pada kasus miom, biasanya juga menyebabkan perempuan sulit hamil.

Penyebab miom maupun kista belum diketahui secara pasti. Namun, dalam situs Alodokter.com disebutkan ada beberapa faktor perempuan mengalami dua penyakit tersebut. Beberapa di antaranya, genetik, hormon, hingga usia menstruasi pertama kali terlalu dini.

Advertisement

Setelah mengetahui perbedaan miom dan kista, ada beberapa cara untuk mendeteksi dua penyakit tersebut, yakni dari gejala yang dialami dan pemeriksaan fisik. Jika diperlukan, dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti USG, MRI, laparoskopi, histeroskopi, maupun biopsi.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement