Advertisement

Cara Kembalikan Stamina Pria Usai Kena Covid-19

Newswire
Kamis, 03 November 2022 - 04:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Cara Kembalikan Stamina Pria Usai Kena Covid-19 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menurut sebuah studi dari University of Florida Health, pria yang terkena Covid-19 mempunyai kemungkinan tiga kali lebih tinggi untuk didiagnosa dengan disfungsi ereksi.

Studi yang diterbitkan di Journal of Endocrinological Investigation pada tahun 2021 ini mengungkapkan bahwa Covid-19 menurunkan produksi hormon testosteron pada tubuh dan juga dapat mengganggu pembuluh darah di area kelamin, sehingga menurunkan fungsi seksual pria.

Advertisement

Padahal, pria dalam usia aktif sangat membutuhkan hormon testosteron yang sehat dan stamina yang fit untuk menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk hubungan seksual dengan pasangan.

Dokter Shannia Tritama melalui keterangannya kepada Antara pada Rabu (2/11/2022) membagikan sejumlah kiat guna meningkatkan kembali stamina dan vitalitas pria sebagai berikut:

1. Cukup tidur

Pria dengan gaya hidup yang sibuk seringkali tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Menurut American Sleep Foundation, setiap manusia membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per hari.

Riset dari University of Chicago membuktikan bahwa pria yang tidur hanya empat jam memproduksi testosteron yang jauh lebih sedikit. Selain itu, pria yang kekurangan jam tidur juga mempunyai kualitas sperma yang jauh lebih buruk. Karena itulah, penting untuk menjaga konsistensi waktu tidur setiap harinya.

2. Makan makanan bergizi

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan makan makanan seimbang dengan karbohidrat yang kompleks jika ingin mempertahankan tingkat energi yang lebih baik. Tambahkan buah-buahan dan sayuran untuk membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, misalnya apel, buah pir, dan jeruk.

Asam lemak omega 3 seperti ikan sangat direkomendasikan untuk kesehatan jantung yang baik sehingga aliran darah lancar dan tingkat energi juga terjaga. Jadi dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks, energi dan stamina pun tidak menurun.

3. Rutin olahraga

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan stamina pria adalah dengan berolahraga kardio secara rutin. Pasalnya, ketika berhubungan seks, detak jantung pria bisa rata-rata mencapai 130 bpm (denyut per menit)–sehingga olahraga yang teratur akan menjadi kunci pria dalam menjaga stamina agar tidak loyo di tengah jalan.

Orang dewasa perlu berolahraga aktif setidaknya 150 menit dalam seminggu. Kebiasaan ini bisa menyehatkan sirkulasi darah dan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker usus, serta menghindari kenaikan berat badan ekstrem.

4. Tinggalkan kebiasaan buruk

Jika Anda memiliki kebiasaan seperti minum alkohol dan merokok, hal ini dapat mengganggu stamina pria, khususnya dalam kualitas berhubungan seksual. Ganti kebiasaan ini dengan kebiasaan yang sehat seperti berolahraga dan makan bergizi.

5. Konsumsi suplemen

Berbagai suplemen untuk melancarkan peredaran darah juga dapat membantu meningkatkan stamina. Bahan herbal seperti Tribulus dan Panax Ginseng sudah dikenal masyarakat sebagai bahan yang dapat meningkatkan stamina pria, mengatasi disfungsi ereksi dan ejakulasi dini.

"Tribulus dan panax ginseng memiliki efek untuk meningkatkan peredaran darah sekaligus efek proteksi pada jantung. Peredaran darah yang sehat tentunya dapat turut mendukung fungsi ereksi saat berhubungan seksual," kata dr. Shannia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

32 Proyek Strategis Bendungan hingga Tol Ditarget Selesai Tahun Ini

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement