Advertisement

Hati-Hati, Kanker Serviks Ternyata Bisa Ditularkan Saat Pakai Toilet Umum

Widya Islamiati
Kamis, 03 November 2022 - 09:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Hati-Hati, Kanker Serviks Ternyata Bisa Ditularkan Saat Pakai Toilet Umum Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dokter Spesialis Kandungan dan Ginekologi, Cindy Rani Wirasti mengungkap fakta mengenai kanker serviks yang banyak menyasar anak usia 15 hingga 19 tahun dan disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV).

Cindy menyebut penularan penyakit ini bisa melalui pemakaian toilet umum. Menurutnya, ini terjadi ketika seseorang menggunakan toilet umum, lalu menyentuh berbagai fasilitas seperti gagang pintu ataupun keran air tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, setelah memegang area kelamin.

Advertisement

"Kalau habis membersihkan alat vital, misal nggak ada sabun cuci tangan, jadinya nggak cuci tangan. Terus pegang gagang pintu, gagang keran, itu kan sebelumnya pegang area genital ya, itu bisa menularkan [virus HPV]," ungkap Cindy dikutip dari Bisnis.com, Kamis (3/11/2022).

Lebih lanjut Cindy menjelaskan bahwa penularan virus HPV yang sebabkan kanker serviks ini terbagi menjadi dua, yaitu melalui aktivitas seksual dan nonseksual. Hal ini berarti kanker serviks bisa menyasar pada orang yang belum aktif secara seksual.

Penularan virus HPV melalui rute seksual, menurut dia menyumbang 85% kasus kanker serviks. Kondisi ini termasuk melalui hubungan intim, genital-genital, hubungan melalui anal maupun oral.

"Melalui hubungan anal ataupun oral, makannya ada orang yang juga bisa tertular virus ini dan sebabkan kanker orofaring," kata Cindy.

Sedangkan pada penularan nonseksual, Cindy menjelaskan bisa ditularkan oleh ibu yang positif virus HPV pada bayi yang dilahirkan, melalui tempat pemeriksaan yang kurang bersih, penggunaan toilet umum, atau bahkan dari mainan seksual.

"Dari mana aja bisa, pemakaian toilet umum, pemakaian alat-alat, ada orang yang suka secara seksual suka mainan-mainan, itu adalah penularan HPV," urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

KPK Bakal Periksa Bupati Sidoarjo Hari Ini

News
| Jum'at, 19 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement