Advertisement

Sejumlah Penyebab Kulit Wajah Bisa Sensitif

Newswire
Jum'at, 04 November 2022 - 00:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Sejumlah Penyebab Kulit Wajah Bisa Sensitif Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tak sedikit orang yang mengeluhkan kulit wajahnya sensitif. Hal ini bisa disebabkan oleh sejumlah hal.

Melansir Antara, pakar dermatologi Margaretha Indah Maharani mengatakan salah satu alasan kulit wajah dapat meradang dan sensitif yakni karena faktor perlindungannya tidak baik-baik saja.

Advertisement

Menurut dia, penyebab masalah ini terbagi dalam dua kelompok besar, salah satunya kulit yang menjadi sensitif akibat bawaan sejak lahir seperti eczema, rosacea dan psoriasis.

Kemudian, tipe kulit yang sebenarnya normal tetapi karena gaya hidup seperti riasan atau perawatan kulit tak tepat dan berlebihan. Hal itu akhirnya membuat kulit mudah sensitif.

Pada kondisi kulit yang sensitif, diperlukan pertolongan untuk mengembalikan kulit ke kondisi yang paling optimal yakni dengan perawatan kulit yang tepat.

Margaretha menjelaskan, kulit ibarat pagar yang harus diproteksi dengan optimal. Pasalnya, kulit harus terekspos banyak hal, mulai dari kosmetik yang mengandung alkohol, polusi, hingga asap rokok.

Dia menyarankan penggunaan pembersih atau sabun wajah yang membuat nyaman, mengembalikan kelembapan kulit dan memiliki efek soothing atau menenangkan kulit.

"Jangan lupa habis cuci muka gunakan toner yang sifatnya balancing untuk bikin kulit jadi adem lagi. Jangan lupa juga pilih skincare yang memberi nutrisi," saran dia.

Margaretha juga menyarankan penggunaan serum yang punya kemampuan meningkatkan kelembapan kulit sekaligus menenangkan supaya gejala iritasi, gatal dan kemerahan mereda.

Selain itu, pengaplikasikan pelembap atau moisturizer penting dilakukan, termasuk yang mengandung komponen Ceramide.

Ia menambahkan stres yang dialami seseorang baik secara fisik maupun psikosomatis akan mempengaruhi kulit. Inilah juga alasan kulit mudah mengalami peradangan atau mudah breakout.

"Kalau kulit badan enggak enak, tiba-tiba jerawatan gede-gede, merah-merah. Padahal di situasi lain kita tidak punya jerawat, hanya komedo saja. Itu salah satu ciri kulit lagi mengalami stres," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement