Advertisement

Begini Cara Kutu Rambut Bisa Menular

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 09 November 2022 - 00:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Cara Kutu Rambut Bisa Menular Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Rambut yang berkutu membawa masalah tersendiri bagi seseorang, terlebih perempuan. Selain membuat tidak nyaman karena rasa gatal, rambut berkutu bisa juga membuat penampilan menjadi tidak percaya diri.

Masalah ini tidak boleh disepelekan sebab kutu bisa berpindah dari satu kepala ke kepala lain. Jangan sampai Anda dicap sebagai penular kutu. 

Advertisement

Melansir dari alodokter, kutu rambut dalam istilah medis dikenal dengan nama Pediculus humanus capitis. Kutu rambut dewasa umumnya berukuran sebesar biji wijen dan berwarna coklat atau keabu-abuan. Parasit ini dapat bertahan hingga 30 hari di kulit kepala manusia, tetapi biasanya akan mati dalam waktu 12–24 jam setelah terlepas dari rambut.

Kutu rambut bisa menular. Kutu rambut paling sering menular melalui kontak langsung dengan kepala penderita. Tanpa kontak langsung, kutu rambut tidak dapat berpindah dari satu kepala ke kepala orang lain. Hal ini karena kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat.

Baca juga: Tiru Orang Lain di Twitter, Elon Musk Ancam Tangguhkan Akun

Meski tidak dapat terbang atau melompat, kutu rambut bisa merayap dengan cepat. Hal ini memungkinkan kutu rambut berpindah dari kepala penderita ke kepala orang lain melalui benda-benda yang digunakan di kepala, seperti topi, syal, sisir, jepit rambut, bantal, handuk, dan headphone.

Penularan juga bisa terjadi secara tidak langsung jika seseorang menyimpan benda-benda tersebut di tempat yang sama dengan benda milik penderita. Contohnya, meletakkan baju di lemari yang sama dengan penderita, atau ketika menggantung topi dan syal di kaitan yang sama dengan barang milik penderita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement