Advertisement

Komedo Membandel? Sikat dengan Cara Mudah Ini!

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 10 November 2022 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Komedo Membandel? Sikat dengan Cara Mudah Ini! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Komedo merupakan salah satu masalah wajah yang bisa dialami oleh siapa saja. Salah satu tempat tumbuhnya komedo biasanya di ujung hidung. Hal ini tentu mengganggu penampilan.

Nah, untuk menghilangkan komedo, ada cara mudah yang bisa dilakukan. Dilansir dari halodoc, berikut ini caranya:

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

1. Eksfoliasi dengan Lemon dan Tomat

Iris lemon dan gosokan pada area di mana komedo berada. Kamu juga bisa menambahkan gula agar kulit terkelupas dengan baik. Bila lemon kurang berhasil, kamu bisa mencoba tomat ketimbang zat kimia. Tomat tak hanya membantu menghilangkan komedo, tetapi juga membersihkan kulit dari dalam. Pengelupasan kulit ini perlu dilakukan untuk menghapus komedo lebih cepat.

2. Terapi Uap

Cara menghilangkan komedo juga bisa lewat terapi uap misalnya dengan menundukkan kepala dan mendekatkan wajah pada air panas yang ada di dalam baskom. Terapi ini bisa membantu untuk membuka pori-pori wajah sehingga segala macam kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori bisa terlepas keluar.

3. Gunakan Toner Non-Alkohol

Nah, setelah kulit mulai terkelupas, pori-pori wajah akan membesar secara alami, sehingga debu lebih mudah masuk ke dalamnya. Karena itu, gunakanlah toner non-alkohol untuk mengecilkan pori-pori agar risiko jerawat dan komedo muncul semakin berkurang.

4. Rutin Mencuci Wajah

Mencuci wajah idealnya dilakukan dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut dan non-detergent. Yang perlu diingat, hindarilah menggunakan scrub karena bisa membuat kulit jadi teriritasi. Ujung-ujungnya akan membuat komedo semakin parah.

5. Kompres dengan Air Hangat

Selain lewat terapi uap, cara menghilangkan komedo juga bisa dengan mengompres wajah pakai air hangat. Caranya mudah saja, tinggal menggunakan handuk yang telah direndam dalam air hangat. Lalu, kompres pada daerah wajah yang berkomedo. Kamu bisa melakukannya sebanyak dua sampai tiga kali sehari, sehingga kelenjar sebaceous akan menghasilkan lebih sedikit minyak.

6. Jangan Memencet Jerawat

Banyak orang yang menggunakan peralatan khusus untuk membersihkan komedo. Sebenarnya sih cara ini sah-sah saja, namun tidak direkomendasikan oleh dokter. Sebab, bila tekniknya tidak steril bisa menimbulkan infeksi pada kulit. Selain itu, jangan pula memencet jerawat karena bisa menimbulkan luka jerawat yang makin parah.

Advertisement

7. Gunakan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil dikenal sebagai anti-inflamasi alami dan juga antimikroba. Karena itulah, tea tree oil dipercaya bisa membantu membersihkan komedo. Cara pemakaiannya cukup mengoleskannya ke area komedo dengan menggunakan jari yang sudah bersih atau kapas bersih.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Mengenal Sibaja, Kartun ala Upin Ipin yang Sarat Budi Pekerti Jawa

Jogja
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Jadi Lokasi Acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina, Ini 3 Fakta Puro Mangkunegaran

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement