Advertisement

Mudah Didapat, Ini Deretan Makanan Kaya Vitamin B12 yang Baik untuk Otak

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 10 November 2022 - 15:57 WIB
Bhekti Suryani
Mudah Didapat, Ini Deretan Makanan Kaya Vitamin B12 yang Baik untuk Otak Telur rebus - diabetesfoundationorg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi terpenting bagi tubuh. Tidak hanya membantu membentuk sel darah merah dan DNA, tetapi juga membantu berfungsinya dan perkembangan sel otak dan saraf.

Rendahnya tingkat nutrisi ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, yang menyebabkan gejala yang terkadang 'tidak dapat diubah'.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sementara vitamin yang larut dalam air ini, juga dikenal sebagai cobalamin, tidak dibuat secara alami di dalam tubuh, seseorang harus mendapatkannya dari makanan yang kaya akan sumber nutrisi ini.

Konon, berikut adalah 7 makanan kaya vitamin B12 untuk non-vegetarian dan vegetarian.

1. Ikan

Ikan seperti sarden, tuna, trout pelangi, salmon sockeye sarat dengan vitamin B12, yang membantu menjaga sel-sel otak dan saraf kita tetap teratur. Apa yang benar-benar hebat tentang makanan khusus ini adalah bahwa mereka tidak hanya kaya akan B12 tetapi juga mengandung hampir semua nutrisi lainnya. Dari protein hingga asam lemak omega-3 hingga fosfor, selenium, dan vitamin A dan B3, makanan laut ini dapat memberi Anda nutrisi terbaik.

2. Kerang

Untuk mendapatkan vitamin B12 dari makanan laut, Anda juga bisa makan kerang, kerang kecil kenyal yang penuh dengan nutrisi bermanfaat. Selain menjadi salah satu sumber vitamin B12 tertinggi, juga mengandung protein, sejumlah besar zat besi dan antioksidan.

3. Seafood

Sebagian besar sumber vitamin B12 adalah produk hewani. Konon, memilih daging tanpa lemak seperti makanan laut, domba, ayam, tidak hanya membantu mengurangi risiko kekurangan vitamin B12, tetapi juga memberi Anda protein, asam lemak omega-3, niasin, seng, dan zat besi. Ini tidak meningkatkan faktor risiko kardiovaskular dan juga menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi.

4. Telur

Menurut WebMD, satu telur rebus mengandung sekitar 0,6 mikrogram B12. Adalah penting bahwa seseorang makan seluruh telur karena sebagian besar B12 berasal dari kuning telur. Secara umum, telur merupakan sumber protein lengkap dan vitamin B, terutama B2 dan B12, yang membuatnya sangat penting untuk diet Anda.

Advertisement

5. Susu dan produk susu

Produk susu seperti susu, yogurt, dan keju merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Mereka juga mengandung protein, kalsium, vitamin A, D, seng, kalium dan kolin, yang sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

6. Sereal yang diperkaya untuk vegetarian

Jika Anda seorang vegetarian atau vegan, sereal yang diperkaya juga bisa menjadi sumber vitamin B12 yang baik untuk Anda. Itu dibuat secara sintetis dan tidak diperoleh dari sumber hewani. Produk tersebut melalui proses fortifikasi makanan, yaitu proses penambahan nutrisi yang tidak asli dalam makanan.

7. Sayuran kaya vitamin B12

Jika Anda mengikuti pola makan nabati, maka sayuran seperti bayam, bit, butternut squash, jamur dan kentang mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang baik. Namun, kecil kemungkinannya untuk menerima seluruh jumlah nutrisi hanya dari sumber nabati. Saat itulah Anda harus berbicara dengan dokter atau ahli gizi dan mendiskusikan suplemen.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Forum Tembang Tidar Ajak Masyarakat Kelola Sanitasi

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement