Advertisement

Kenali Manfaat Konsumsi Telur Puyuh yang Harus Diketahui

Widya Islamiati
Kamis, 10 November 2022 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Kenali Manfaat Konsumsi Telur Puyuh yang Harus Diketahui Telur puyuh

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Telur puyuh kerapkali dimasak untuk dijadikan lauk nasi ataupun berbagai camilan lain. Bahkan, jajanan tepi jalan juga banyak yang terbuat dari telur kecil ini.

Meskipun bentuknya kecil, tetapi nutrisi yang terkandung dalam telur puyuh tidak kalah dengan telur ayam. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berikut ini manfaat yang terkandung dalam telur puyuh berdasarkan medicinenet dan WebMD:

1. Kaya akan protein

Telur puyuh mengandung berbagai asam amino esensial dengan porsi yang tepat. Protein dalam telur puyuh jika dimasak dengan benar akan mudah diserap dan digunakan oleh tubuh. Ini berfungsi untuk perbaikan sel, produksi hormon, pembentukan enzim, dan fungsi penting lainnya. 

2. Bantu tingkatkan kekebalan tubuh

Setiap harinya tubuh akan bekerja keras untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel, serta menyebabkan berbagai penyakit dan timbulkan penuaan. Telur puyuh mengandung sejumlah besar vitamin C dan vitamin A. Kedua vitamin ini dapat membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi kesehatan.

3. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun sangat rendah kalori, telur puyuh cukup mengenyangkan. Mereka mengandung lemak dan protein sehat yang membuat kenyang dan meningkatkan metabolisme, yang dapat membantu menurunkan berat badan. 

Selain itu, telur puyuh juga rendah kalori, sehingga orang yang sedang menjalankan program diet tidak perlu khawatir mengonsumsinya.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Telur puyuh mengandung nutrisi seperti kolin, folat, dan lemak baik yang membantu meningkatkan kesehatan otak. Antioksidan dalam telur puyuh juga dapat melindungi sel otak dari kerusakan oksidatif, yang telah mengalami penurunan terkait usia dan penyakit seperti penyakit Alzheimer. Selain itu, kolin dan folat juga penting untuk perkembangan janin yang sehat.

Advertisement

5. Melindungi kesehatan tulang dan otot

Telur puyuh membantu tubuh membangun otot dan tulang yang kuat dengan kandungan kalsium, protein, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin Dnya. Kandungan-kandungan tersebut, memainkan peran penting dalam sistem kesehatan muskuloskeletal tubuh.

6. Mengurangi risiko serangan jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa telur puyuh bisa membantu mengatur kolesterol darah dan tingkat tekanan darah. Sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan telur puyuh mengandung lemak tak jenuh ganda, antioksidan, dan mineral.

7. Meningkatkan Metabolisme 

Telur puyuh mengandung vitamin B yang membantu meningkatkan metabolisme dan mendukung kesehatan tubuh. Metabolisme ini berperan untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi dan membangun atau memperbaiki tubuh. Telur puyuh dapat membantu mendukung proses tubuh dan fungsi organ ini. 

Advertisement

8. Baik untuk kulit dan rambut 

Telur puyuh dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, karena kaya akan lemak baik, vitamin, mineral, dan protein. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu memperkuat dan memperkuat kulit dan rambut dari dalam.

 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ratusan Guru SMK Pamerkan Karya Inovasi di Vredeburg

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement