Advertisement

Anak Pakai Skincare Boleh Sejak Usia Berapa?

Newswire
Jum'at, 11 November 2022 - 05:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Anak Pakai Skincare Boleh Sejak Usia Berapa? Ilustrasi anak berjemur. (Shutterstock)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menggunakan produk perawatan kulit atau skincare merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk memiliki kulit yang sehat dan terawat. Selain orang dewasa, saat ini berbagai skincare juga banyak digunakan remaja.

Namun, sebetulnya sejak kapan anak bisa diperkenalkan dengan skincare?

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Melansir Antara, dermatologist Ika Ayu menjelaskan bahwa anak usia 11 tahun sudah dapat dikenalkan dengan skincare, namun dengan kandungan yang ringan.

Produk perawatan tubuh dengan kandungan yang ringan itu bisa mulai dari sabun cuci muka yang sesuai usianya. Terkait produk ini, perlu diperhatikan kadar pH-nya, sebaiknya yang rendah atau seimbang.

Selain itu, produk tabir surya juga penting dikenalkan. Sunblock atau sunscreen wajib digunakan, apalagi jika sudah puber, sebab wajah sudah mulai berminyak.

“Walaupun belum punya KTP, masih 12 tahun tapi udah berminyak. Jadi sangat penting. Minimal SPF 30,” kata dia dikutip dari Antara, Jumat (11/11/2022).

Ika menjelaskan, selain produk tersebut, anak usia 11 tahun hingga 15 tahun belum membutuhkan produk skincare lainnya. Sebab, kandungan produk lain seperti krim malam belum dibutuhkan untuk jenis kulit anak dengan rentang usia tersebut.

“Kalau untuk pemakaian krim malam dan lain-lain anak umur segitu belum perlu pastinya. Itu mungkin di atas 26, ya. Kalau di bawah umur, yang awal-awal kenalkan dulu aja skincare yang ringan,” jelasnya.

Advertisement

Oleh sebab itu, Ika mengingatkan agar para remaja tak sembarang mengikuti tren skincare yang ada. Sebelum membeli skincare, mereka perlu mengetahui terlebih dulu jenis kulit masing-masing.

Jika sembarangan menggunakan skincare sesuai tren yang ada, hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit. Terlebih, kulit anak dengan rentang usia 11 hingga 15 tahun masih tergolong rentan.

“Sebelum kita beli skincare, yang pertama kali adalah kita harus kenal kulit kita dulu. Mengenali kulit itu sangat penting. Karena jenisnya macam-macam. Jangan ikut-ikutan teman atau jangan ikut-ikutan artis Korea. Karena belum tentu kulit kalian sama dengan mereka,” terangnya.

Advertisement

Apalagi, saat ini tren perawatan kulit maupun riasan ala artis Korea semakin meningkat. Gaya perawatan artis Korea yang banyak diidolakan anak-anak dan remaja pun makin banyak yang diikuti.

Dermatologis menyebut jenis kulit orang Indonesia berbeda dengan kulit orang Korea, terlebih kulit bule dari Eropa maupun Amerika Serikat. Terlepas tren apa yang muncul di negara lain, perawatan kulit harus disesuaikan dengan kondisi kulit kita, sebab belum tentu cocok.

Terakhir, Ika juga mengingatkan agar membeli produk perawatan wajah yang memang benar-benar dibutuhkan oleh kulit. Dengan demikian, perawatan pun akan lebih optimal diserap oleh kulit.

“[Memilih skincare] harus tahu kandungannya. Apakah kita sudah perlu? Misal umur 17 sampai 21 tahun. Apakah perlu pakai anti-aging? Jadi selain sesuai jenis, sesuaikan kebutuhan juga dengan umur,” kata dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement