Advertisement

Lakukan Ini agar Badan Tidak Gampang Sakit saat Musim Pancaroba

Widya Islamiati
Jum'at, 11 November 2022 - 19:17 WIB
Jumali
Lakukan Ini agar Badan Tidak Gampang Sakit saat Musim Pancaroba Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ketidaktentuan cuaca, kadangkala hujan, lalu kemudian panas terik kerap kali membuat tubuh rentan terserang penyakit seperti flu, demam, pusing, diare, bahkan demam berdarah.

Hal ini lantaran tubuh dipaksa untuk tetap bisa beradaptasi, namun seseorang yang memiliki daya tahan tubuh kuat umumnya bisa melewati musim ini tanpa tumbang. Unit Pelayanan Kesehatan Kemenkes membagikan 5 tips menghadapi musim pancaroba, agar tubuh tetap sehat.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA : Apakah Jogja akan Hujan di Malam Hari?

Berikut ini adalah tips sehat selama musim pancaroba yang wajib diketahui, diantaranya:

1. Mengonsumsi vitamin C yang cukup

National Center for Biotechnology Information (NCBI) mengungkapkan, vitamin C berkontribusi pada pertahanan kekebalan dengan mendukung berbagai fungsi seluler dari sistem kekebalan bawaan dan adaptif.

Bahkan kekurangan vitamin C menyebabkan gangguan kekebalan dan kerentanan yang lebih tinggi terhadap infeksi. Sehingga di musim pancaroba vitamin C sangat dianjurkan agar tubuh siap menghadapi perubahan cuaca yang seringkali terjadi secara tiba-tiba.

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang

Advertisement

Selain konsumsi Vitamin C yang cukup, tubuh juga harus diisi dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Zat besi dalam bayam misalnya, ini menjaga agar tubuh tetap sehat dengan darah yang cukup, karena kekurangan zat besi dapat timbulkan anemia.

Penerapan konsep isi piringku dengan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein akan membantu menjaga tubuh tetap sehat meskipun sedang musim pancaroba.

3. Mencuci tangan menggunakan sabun atau Hand Sanitizer baik sebelum maupun setelah makan

Setelah asupan, kini kebersihan yang tak kalah penting. Sebab di musim pancaroba kerapkali ada banyak penyakit yang mengintai yang disebabkan oleh kontaminasi bakteri pada air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti diare ataupun leptospirosis.

Advertisement

Maka cara mencegah terkena penyakit tersebut adalah dengan berperilaku hidup sehat, salah satunya dengan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer baik sebelum maupun setelah makan.

4. Menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi 2 kali sehari

Tidak hanya dengan mencuci tangan setiap akan dan sesudah makan, tetapi mandi sebanyak dua kali sehari juga penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Selain menjaga tubuh agar tetap sehat dan bersih, mandi juga memberikan sensasi segar yang akan membuat lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

5. Beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya

Advertisement

Orang yang terbiasa bergerak aktif dalam kehidupan sehari-hari, ketika menemukan satu hari yang mengharuskannya berbaring seharian akan merasakan badan yang pegal-pegal dan sakit.

Karena untuk menjaga kesehatan tubuh, apalagi di musim pancaroba, kita harus bergerak aktif setidaknya 30 menit dalam satu hari.

6. Minum air putih cukup

Advertisement

Selain lima tips yang disarankan oleh Kemenkes, meminum air putih yang cukup juga bisa menjadi cara untuk mempertahankan tubuh sehat di musim pancaroba. Karena tubuh yang kekurangan cairan akan mengakibatkan berbagai kondisi yang merugikan, bahkan bisa sebabkan gagal ginjal.

7. Istirahat cukup

Tubuh juga harus diberikan waktu jeda dari sederet aktivitas dan pikiran yang menguras tenaga. Ini ditujukan untuk tubuh mengumpulkan kembali energi yang terkuras serta menghilangkan penat dan lelah.

Mengutip laman UPK Kemenkes, anak usia 12-18 tahun setidaknya membutuhkan waktu 8-9 jam untuk tidur, sedangkan orang dewasa berusia 18-40 tahun membutuhkan 7-8 jam untuk tidur, setiap harinya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Mengenal Sibaja, Kartun ala Upin Ipin yang Sarat Budi Pekerti Jawa

Jogja
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Warisan Pemberantasan Korupsi Jokowi: Amputasi KPK hingga Pangkas Hukuman Koruptor

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement