Advertisement

Berapa Lama Seseorang Bertahan Hidup Tanpa Makan?

JIBI
Selasa, 15 November 2022 - 06:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Berapa Lama Seseorang Bertahan Hidup Tanpa Makan? Ilustrasi lapar shutterstockn

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Satu keluarga ditemukan meninggal dunia di Kalideres, Jakarta Barat. Dugaan sementara, polisi menyebut mereka meninggal karena kelaparan. Peristiwa ini memantik rasa ingin tahu tentang berapa lama manusia bertahan hidup tanpa makan.

Satu keluarga yang tewas itu ditemukan meninggal dunia membusuk pada Kamis (10/11/2022) malam. Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Polisi Pasma Royce mengatakan berdasarkan laporan hasil autopsi dari Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur diduga satu keluarga itu tidak makan makanan dalam waktu yang cukup lama.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Lambung para mayat ini tidak ada makanan jadi bisa diduga berdasarkan pemeriksaan dari dokter bahwa mayat ini tidak ada makan dan minum cukup lama karena dari otot-ototnya sudah mengecil,” ucapnya seperti dikutip dari Antara.

Berkaca dari peristiwa tersebut, berapa lama manusia bisa bertahan hidup tanpa makan? Pertanyaan ini kerap diajukan oleh banyak orang, tapi jawaban yang diberikan selalu beragam. Alasannya adalah kondisi tubuh setiap orang berbeda antara satu dan lainnya.

Menurut laman sehatq.com yang dikutip dari Solopos.com pada Selasa (15/11/2022), mengenai berapa lama manusia bertahan tanpa makan dan minum, hal ini bergantung pada berbagai kondisi berikut ini:

– Seseorang dapat bertahan hidup tanpa makanan hingga berminggu-minggu tergantung pada komposisi tubuh, lingkungan, makanan dan minuman terakhir yang dikonsumsi, serta jenis kelaminnya.

– Akibat tidak minum air putih dan asupan cairan lainnya, kebanyakan orang hanya bisa bertahan hidup sekitar dua sampai empat hari.

– Orang yang masih bisa minum mungkin dapat bertahan hidup hingga dua bulan meskipun tidak makan.

Walaupun tubuh seseorang dapat bertahan dalam kondisi kelaparan dalam jangka waktu cukup lama, namun dampak kelaparan jangka panjang bisa sangat berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan kegagalan organ.

Advertisement

Menurut Insider, belum ada penelitian terkontrol terkait berapa hari manusia bisa bertahan tanpa makan dan minum. Berbagai penelitian yang ada umumnya merupakan studi kasus terhadap orang-orang yang pernah berada pada situasi darurat dalam kondisi kelaparan.

Berikut adalah beberapa kesimpulan terkait berapa lama manusia bertahan hidup tanpa makan berdasarkan sejumlah penelitian:

1. Tubuh dapat bertahan selama 8 hari-21 hari tanpa makanan dan air, bahkan hingga dua bulan jika ada akses pada asupan air yang cukup.

Advertisement

2. Kemungkinan ada angka indeks massa tubuh (IMT) ‘minimum’ tertentu yang berkaitan pada berapa hari manusia bisa bertahan tanpa makan. Dilansir dari jurnal Nutrition, pria yang memiliki IMT kurang dari 13 dan wanita memiliki IMT kurang dari 11, tidak bisa bertahan hidup.

3. Berdasarkan studi dalam British Medical Journal, aksi mogok makan berakhir dalam 21-40 hari setelah pesertanya mengalami gejala parah dan mengancam jiwa pada kurun waktu tersebut.

4. Berdasarkan jurnal Nutrition, komposisi tubuh wanita dapat membuat mereka mampu menahan kelaparan lebih lama. Wanita juga mampu mempertahankan protein dan jaringan otot tanpa lemak lebih baik daripada pria.

5. Jika dibandingkan dengan penderita obesitas, orang dengan berat badan normal akan kehilangan berat badan dan jaringan otot dengan persentase lebih tinggi dan lebih cepat selama tiga hari pertama kelaparan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement