Advertisement

Hindari Makanan Ini Jika Alami Radang Tenggorokan

Widya Islamiati
Kamis, 17 November 2022 - 09:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Hindari Makanan Ini Jika Alami Radang Tenggorokan Ilustrasi minum air - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Panas dalam adalah istilah yang biasa digunakan oleh orang Indonesia untuk menggambarkan kondisi radang tenggorokan atau faringitis.

Ini merupakan kondisi saat tenggorokan terasa tidak nyaman, perih, kering, dan gatal. Sehingga menimbulkan kesulitan makan, menelan, dan berbicara.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Mengutip laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi virus, seperti virus Influenza, Rhinovirus, dan Epstein-Barr, juga bakteri seperti bakteri Streptococcus. Virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan ini sangat mudah menyebar melalui udara, seperti droplet dari batuk penderita radang tenggorokan yang terhirup.

Jika Anda menderita radang tenggorokan, ada jenis-jenis makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi agar sakit Anda segera sembuh.

Menurut Times of India dan Medicalnewstoday, berikut makanan yang harus dihindari saat sedang alami radang tenggorokan:

1. Madu

Madu merupakan pemanis alami yang dapat membantu mengatasi infeksi serta penyembuhan luka. Mengonsumsi madu saat sedang alami radang tenggorokan juga dianjurkan.

2. Makanan pedas

Advertisement

Bumbu pedas pada makanan pedas dapat mengiritasi permukaan tenggorokan yang sedang meradang sehingga dapat memperburuk peradangan.

3. Buah-buahan yang memiliki rasa asam

Buah yang memiliki rasa asam seperti jeruk ataupun nanas dapat memperburuk rasa sakit yang timbul akibat radang tenggorokan karena kandungan asam didalamnya. Hal ini lantaran sifat asam dalam buah-buahan tersebut dapat meritiasi permukaan tenggorokan yang sedang melunak karena meradang.

Advertisement

4. Camilan kering

Camilan kering seperti keripik, roti kering ataupun kerupuk umumnya memiliki ujung yang tajam. Sehingga ketika dikonsumsi akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan yang sedang meradang.

5. Makanan yang digoreng

Makanan yang melalui proses penggorengan bisa menimbulkan gatal dan iritasi pada tenggorokan, sehingga sama sekali tidak membantu penderita radang tenggorokan.

Advertisement

6. Alkohol

Baik minuman beralkohol ataupun alkohol dalam obat kumur tidak disarankan digunakan atau diminum oleh orang yang sedang alami radang tenggorokan. Sebab alkohol dapat timbulkan rasa sakit pada tenggorokan serta sebabkan dehidrasi yang mengganggu.

Menurut Medicalnewstoday dan Timesofindia, saat sedang menderita radang tenggorokkan, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan bertekstur lembut. Selain itu, makanan dan minuman tidak boleh terlalu panas karena tenggorokan yang sedang meradang sangat rentan akan cedera.

Advertisement

Berikut adalah makanan yang dianjurkan jika Anda mengalami radang tenggorokan:

1. Makanan atau minuman beku

Makanan ataupun minuman yang beku seperti es loli berbahan dasar buah bagus untuk menenangkan tenggorokan yang tengah meradang.

2. Jus delima

Advertisement

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam jus delima bisa menangkal infeksi serta mengurangi peradangan. Maka tidak heran jika konsumsi jus ini disarankan untuk penderita radang tenggorokan.

3. Pisang

Salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang dengan radang tenggorokan adalah makanan yang bertekstur lembut serta bernutrisi. Kedua poin ini ada pada pisang, sehingga pisang masuk ke dalam buah yang disarankan dikonsumsi oleh orang dengan radang tenggorokan.

4. Teh jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit serta pembengkakan yang timbul akibat radang tenggorokan.

5. Sup ayam

Ayam yang kaya protein disandingkan dengan sayuran yang kaya akan nutrisi adalah perpaduan masakan yang tepat untuk dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan. Sup ayam dengan sifat anti-inflamasinya dapat membantu membersihkan saluran udara, sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ratusan Guru SMK Pamerkan Karya Inovasi di Vredeburg

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement