Advertisement

Kenali Gejala Wanita Alami Menopause

JIBI
Jum'at, 18 November 2022 - 07:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Kenali Gejala Wanita Alami Menopause Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Menopause adalah hal yang normal terjadi di kalangan wanita. Perhatikan tanda gejala wanita yang akan mengalami menopause.

Wanita memiliki tanda atau gejala yang berbeda-beda terkait fase atau usia menopause. Hal ini disebabkan karena perbedaan kadar estrogen dalam tubuh wanita.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Banyak wanita yang mengalami gejala ringan terkait munculnya usia menopause. Mengobati gejala yang muncul bisa dengan berbagai cara, seperti mengubah gaya hidup, menghindari kafein, dan mengurangi penggunaan kipas portabel ketika cuaca panas.

Lantas pada usia berapakah wanita Indonesia pada umumnya mendapatkan menopause?  Mengutip laman yankes.kemkes.go.id yang dikutip Solopos.com menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang biasanya terjadi saat perempuan memasuki usia 45 tahun hingga 55 tahun, termasuk untuk wanita Indonesia. Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila tidak mengalami menstruasi lagi, minimal 12 bulan.

Hal ini disertai dengan adanya penurunan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Di Inggris, usia rata-rata seorang wanita mencapai usia menopause adalah 51 tahun. Diketahui, 1 dari 100 wanita mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. Peristiwa tersebut dikenal sebagai menopause dini atau insufisiensi ovarium prematur.

Tanda-tanda usia menopause akan berbeda-beda pada setiap wanita. Beberapa di antaranya dapat mengalami tanda-tanda yang sangat parah dan berdampak signifikan pada aktivitas sehari-hari.

Berikut ini gejala umum usia menopause yang normal dialami wanita, termasuk perempuan Indonesia, seperti dikutip dari ciputrahospital.com:

– Munculnya rasa panas pada tubuh secara tiba-tiba, seperti demam.
– Muncul keringat yang berlebihan saat malam hari.
– Vagina terasa kering dan tidak nyaman saat melakukan hubungan seks.
– Mengalami kesulitan tidur.
– Memiliki suasana hati yang tidak pasti hingga muncul rasa cemas.
– Mengalami penurunan gairah seks (libido).
– Mengalami masalah dengan memori dan konsentrasi.

Advertisement

Tanda-tanda usia menopause dapat muncul dari berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum haid berhenti. Tanda-tanda menopause umumnya akan berlangsung selama kurang lebih 4 tahun setelah haid terakhir. Namun, pada beberapa wanita tanda-tanda usia menopause akan berlangsung lebih lama dari rata-rata pada umumnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement