Advertisement

Selain Gula, Penderita Diabetes Juga Harus Hindari Makanan Ini

Widya Islamiati
Jum'at, 18 November 2022 - 08:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Selain Gula, Penderita Diabetes Juga Harus Hindari Makanan Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—International Diabetes Federation pada tahun 2021 lalu mengungkap, sebanyak 19,5 juta penduduk indonesia menderita diabetes.

Indonesia sendiri tercatat sebagai negara kelima dengan kasus penderita diabetes terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat dengan angka 32,2 juta.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Selama ini banyak orang yang beranggapan dengan mengurangi konsumsi gula saja dapat mencegah penyakit diabetes. Kenyataannya, faktor lain seperti konsumsi garam dan lemak berlebihan juga bisa memicu penyakit ini.

"Hindari makanan tinggi gula, garam dan lemak, jadi kalau diabetes tuh jangan cuman fokus ke gula, tapi bagaimana kita juga membatasi makanan yang tinggi garam maupun lemak," tutur dokter spesialis penyakit dalam dr. Rudy dikutip dari Bisnis.com, Jumat (18/11/2022).

Hal ini lantaran diabetes termasuk ke dalam penyakit sindrom metabolik bersama dengan hipertensi, gangguan kolesterol serta kelebihan berat badan atau obesitas.

"Karena diabetes tuh termasuk ke dalam payung sindrom metabolik, ada diabetes, hipertensi, gangguan kolesterol sama obesitas," tambah dr. Rudy.

Mengutip laman Clevelandclinic, sindrom metabolik sendiri merupakan kumpulan faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Berdasarkan data dari Peraturan Menteri Kesehatan No.30/2013, rekomendasi batasan konsumsi gula harian adalah sebanyak kurang dari 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan, garam kurang dari 2.000 mg dan lemak kurang dari 67 gram.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Forum Tembang Tidar Ajak Masyarakat Kelola Sanitasi

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement