Advertisement

Awas, Rambut Rusak Mengancam Kalau Kamu Tak Mencuci Sisirmu!

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 23 November 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Awas, Rambut Rusak Mengancam Kalau Kamu Tak Mencuci Sisirmu! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA─Sisir termasuk alat penting untuk merapikan rambut. Namun tahukah Anda bahwa sisir yang jarang dicuci juga bisa membuat rambut rusak?

Dilansir dari Tresemme, sisir yang sering dipakai tapi jarang dicuci bisa membuat rambut berketombe. Jika hal ini dibiarkan maka akan mengakibatkan rambut menjadi rusak. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Penggunaan sisir yang kotor dapat menimbulkan sejumlah masalah pada rambut. Berikut adalah masalah rambut yang dapat terjadi karena kebiasaan memakai sisir yang jarang dicuci:

1. Ketombe

Penyebab ketombe bermacam-macam, mulai jamur (malassezia sp), dermatitis seboroik, sampai dengan tidak menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan baik. Pemakaian sisir yang kotor secara berulang-ulang dapat memicu timbulnya ketombe. Kotoran dan minyak pada sisir akan mencemari rambut dan kulit kepalamu. Pada awalnya, ketombe akan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman. Kemudian, ketika kita menggaruk rambut atau kulit kepala, serpihan ketombe ini akan jatuh seperti serbuk.

2. Infeksi Kulit Kepala

Pada saat kamu menyisir rambutmu yang kotor dengan sebuah sisir, maka kotoran dan minyak akan melekat pada ujung dan sela-sela sisir. Tiba saat kamu memakai sisir itu kembali untuk menggosok rambut, maka minyak dan kotoran yang tadinya masih melekat pada sela-sela dan ujung sisir akan menempel pada kulit kepalamu. Akibatnya, kulit kepala yang tadinya sudah dicuci bersih dengan sampo menjadi kembali kotor dan lama kelamaan akan menimbulkan infeksi.

3. Rambut Rontok

Mungkin kamu tidak menyangka bahwa sisir yang kotor bukan sekadar membuat rambut kotor saja, tapi juga menyebabkan kerontokan rambut. Kuman yang menempel pada sisir kotor akan berpindah pada kulit kepala ketika kamu mulai menyisir rambut dengan sisir tersebut. Kuman yang berasal dari kotoran pada sisir itu akan menyebabkan kelepekan rambut. Lama kelamaan tak hanya lepek saja, rambut akan kehilangan kekuatannya dan menjadi mudah rontok.

4. Rambut Bercabang

Kotoran dan sel kulit mati pada sisir yang kotor akan kembali mencemari rambutmu yang bersih jika kamu terus menerus memakai sisir itu. Penumpukan kotoran pada rambut akan memicu berbagai masalah rambut, salah satunya rambut bercabang. Rambut bercabang sejatinya tidak hanya dialami oleh pemilik rambut kering saja. Orang yang memiliki rambut berminyak atau lepek juga berisiko mengalami rambut bercabang.

5. Kusam

Kotoran dan minyak pada sela-sela sisir akan menempel pada rambut. Meskipun kamu rajin mencuci rambutmu dengan sampo, kebiasaan memakai sisir yang kotor akan membuat rambutmu tampak kusam. Jaga kilau alami rambutmu dengan selalu memakai sisir yang bersih. Pastikan rambutmu yang sudah dicuci dengan sampo dirapikan dengan menggunakan sisir yang bersih. Ketika menyisir, hindari menggosok rambut terlalu keras agar rambutmu tidak kusut dan rontok.

Advertisement

6. Lepek

Dari sekian banyak masalah rambut yang disebabkan oleh pemakaian sisir kotor, rambut lepek adalah masalah yang paling sering terjadi. Rambut memproduksi minyak alami yang jumlahnya akan semakin banyak jika tidak dicuci dengan sampo. Pada saat kita menyisir rambut dalam kondisi rambut berminyak yang belum dicuci, maka sebagian minyak akan menempel pada sisir. Nah, ketika kamu sudah keramas dengan sampo tapi masih memakai sisir yang sama tanpa dicuci terlebih dahulu, maka rambutmu akan kembali menjadi lepek.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Kembali Meraih Penghargaan JDIHN

Sleman
| Selasa, 06 Desember 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Biaya Riil Penyelenggaraan Haji Tahun Depan Capai Rp97,92 Juta

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement