Advertisement

Deretan Keluarga Kerajaan Terkaya di Dunia: Ada Raja Salman

Arlina Laras
Kamis, 24 November 2022 - 02:27 WIB
Jumali
Deretan Keluarga Kerajaan Terkaya di Dunia: Ada Raja Salman Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (tengah) melakukan ibadah salat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (2/3/2018). - Reuters/Beawiharta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Dari sekian banyak kerajaan yang ada di dunia, keluarga kerajaan Qatar kini tengah mencuri perhatian dunia, karena sedang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Dalam perhelatan sepak bola terbesar itu, Qatar disebut telah menghabiskan biaya sebanyak US$220 miliar, dan menjadi Piala Dunia termahal.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Hal ini masuk akal, karena Qatar terhitung sebagai salah satu kerjaan terkaya di dunia.

BACA JUGA : Qatar Didasar Klasemen

Padahal, banyak orang mengira bahwa raja terkaya adalah Ratu Elizabeth II. Tapi, ternyata perkiraan tersebut keliru. Melansir dari SCMP, berikut deretan keluarga kerajaan terkaya tahun 2022. 

Deretan Keluarga Kerajaan Terkaya di Dunia

5. Keluarga Kerajaan Inggris 

Sang Ratu diperkirakan memiliki kekayaan pribadi sebesar US$470 juta, sementara menurut Forbes untuk kekayaan bersih gabungan tiap anggota keluarganya sebesar US$88 miliar dengan sumber kekayaan berasal dari properti keluarga, yakni Crown Estate, Sandringham di Norfolk dan Balmoral di Skotlandia

Advertisement

4. Keluarga Kerajaan Abu Dhabi

Kekayaan keluarga yang diperkirakan sebesar US$150 miliar sebagian besar berasal dari penjualan minyak dari tahun 1970-an, yang memungkinkan mendiang syekh menjadi salah satu tuan tanah terkaya di London.

Adapun, kini Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, yang merupakan raja dari Uni Emirat Arab dari tahun 2004, diketahui memiliki tanah di ibu kota Inggris senilai US$7,1 miliar.

Advertisement

Menurut The Guardian, properti tersebut menghasilkan lebih dari $200 juta per tahun untuk disewakan. Dia pun kini diketahui menjadi Kepala Otoritas Investasi Abu Dhabi, yang bernilai sekitar US$696 miliar. 

3. Keluarga Kerajaan Qatar

Banyak perhatian akan dicurahkan pada Qatar tahun ini karena selain menelan biaya yang besar, yerbaru, keluarga kerajaan Qatar turut campur tangan soal larangan penjualan minuman alkohol di stadion selama Piala Dunia 2022 berlangsung.

Keluarga besar Al-Thani di Qatar sendiri memegang investasi di properti di seluruh dunia, termasuk gedung pencakar langit Shard London, Olympic Village dan department store Harrods, serta Empire State Building di New York.

Advertisement

Para bangsawan Qatar yang dipimpin oleh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani juga memiliki investasi di Barclays Bank, British Airways dan perusahaan mobil Volkswagen. 

Hal inilah yang membuat keluarga Kerajaan Qatar memiliki kekayaan kolektif mereka mencapai US$335 miliar. Pada usia 41, syekh yang merupakan raja termuda saat ini di dunia masuk ke dalam salah satu dari 8.000 bangsawan Qatar.

2. Keluarga Kerajaan Kuwait

Advertisement

Keluarga Sabah telah memerintah Kuwait sejak 1752 dan dikenal karena investasinya yang besar di perusahaan-perusahaan besar terkemuka di Amerika Serikat.

Keluarga kerajaan diyakini terdiri dari sekitar 1.000 anggota dan saat ini dipimpin oleh Sheikh Nawaf Al-Ahmad Al-Sabah, yang naik takhta pada tahun 2020 setelah kematian saudara tiri Sheikh Sabah IV Ahmad Al-Jaber Al- Sabah.

Keluarga kerajaan Kuwait diperkirakan memiliki kekayaan sekitar US$90 miliar pada tahun 1991, tetapi karena nilai saham dan saham mereka melonjak, keluarga itu kini memiliki kekayaan bernilai sekitar US$360 miliar.

1. Keluarga kerajaan Arab Saudi

Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Salman baru-baru ini menandatangani saham Saudi Investment Fund senilai US$2 miliar di perusahaan baru Jared Kushner.

Raja Salman yang telah memerintah sejak 2015 dan diyakini memiliki kekayaan US$18 miliar, menjadikannya individu kerajaan terkaya di dunia ini. Di urutan kedua, ada Pangeran Alwaleed bin Talal yang diyakini sebagai keluarga kerajaan terkaya kedua dengan kekayaan bersih sekitar US$16 miliar, bahkan dirinya sempat mendanai US$1,9 miliar dari pembelian Twitter oleh Elon Musk.

Dengan kekayaan kolektif bernilai US$1,4 triliun, diprediksi angk ini lebih besar dari PDB Spanyol atau Australia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Rapimwil PPP Jateng Diwarnai Teriakan Erick Thohir Cawapres

News
| Minggu, 27 November 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement