Advertisement

Kamu Harus Tahu, Ini Segudang Manfaat Terapi Pijat

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 24 November 2022 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kamu Harus Tahu, Ini Segudang Manfaat Terapi Pijat Ilustrasi panti pijat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seringkali kita merasa badan terasa capai dan berat. Saat kondisi seperti ini, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah melakukan terapi pijat. 

Terapi pijat biasanya ditawarkan oleh salon-salon kecantikan. Mereka tidak hanya menyediakan jasa perawatan kecantikan dan potong rambut, tetapi juga melayani pijat tubuh

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dilansir dari Alodokter, terapi pijat memiliki banyak manfaat untuk seorang perempuan. Tidak hanya untuk tubuhnya tetapi juga psikisnya karena selain mengurangi rasa capai, terapi pijat juga membuat pikiran menjadi rileks.

Baca juga: Biasakan Konsumsi Rasa Tawar Bisa Cegah Diabetes

Berikut ini segudang manfaat dari terapi pijat yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi stres

Terapi pijat diketahui dapat membantu tubuh untuk meningkatkan empat jenis hormon yang menimbulkan perasaan bahagia, yaitu serotonin, dopamin, endorphin, dan oksitoksin. Peningkatan hormon-hormon tersebut, tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga stress yang dirasakan sebelumnya pun akan berkurang.

2. Meringankan nyeri punggung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pijat dapat mengatasi gejala nyeri punggung kronis. Namun, manfaat terapi pijat sebagai metode pengobatan nyeri punggung masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Mengurangi nyeri sendi

Studi menunjukkan bahwa terapi pijat bisa dilakukan sebagai terapi tambahan untuk meringankan nyeri dan meningkatkan pergerakan sendi pada orang yang mengalami radang sendi.

Advertisement

4. Meredakan sakit kepala

Terapi pijat bisa bermanfaat untuk meringankan keluhan sakit kepala, termasuk migrain. Studi menunjukkan bahwa terapi pijat dapat meredakan gejala nyeri dan memperbaiki kualitas tidur pada orang yang sering merasakan sakit kepala atau migrain.

5. Memperbaiki kualitas tidur

Pijat yang dilakukan secara rutin terbukti dapat menurunkan tingkat depresi dan rasa cemas serta meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena pijat dapat memicu pelepasan hormon serotonin, hormon yang dapat menimbulkan rasa tenang. Terapi pijat juga telah terbukti bermanfaat tak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan remaja.

6. Merangsang pembentukan jaringan otot

Untuk merangsang kembali pembentukan jaringan otot yang menyusut, terapi pijat bisa dilakukan sebagai terapi tambahan pada penderita kondisi tersebut. Selain itu, penelitian juga menyatakan bahwa terapi pijat bermanfaat untuk meringankan gejala akibat kondisi tertentu, seperti gangguan pencernaan dan saraf, cedera otot, insomnia, dan nyeri haid.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Wisatawan di Bantul Geger, Lagi Asyik Wisata di Pantai Malah Ketemu Mayat

Bantul
| Rabu, 30 November 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement