Advertisement

Pengin Jadi Freelancer? Pertimbangkan Hal Ini

Arlina Laras
Selasa, 29 November 2022 - 03:07 WIB
Jumali
Pengin Jadi Freelancer? Pertimbangkan Hal Ini Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Beberapa orang lebih senang menjadi freelancer daripada pekerja kantoran yang terikat perusahaan.

BACA JUGA: Ini Situasi yang Membuat Anda Menolak Jadi Freelancer

Advertisement

Alasannya bisa memiliki waktu lebih fleksibel, atau bisa bekerja di beberapa perusahaan sekaligus. Artinya, mereka bisa mendapat beberapa sumber penghasilan.

Tapi, memutuskan menjadi freelancer tidak semudah itu. Karena ada beberapa hal yang harus Anda korbankan. Semisal pendapatan tetap, tunjangan dan fasilitas lainnya.

Jadi, sebelum memutuskan menjadi freelancer, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan melansir dari Entrepreneur

1. Tentukan Tujuan 

Sebelum memulai karier apa pun, Anda harus memiliki tujuan. Ini membantu Anda dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan untuk karier Anda. Sebagai pekerja lepas, Anda harus tetap mempunyai target klien dan berapa banyak target pendapatan dalam durasi tertentu. 

2. Perhitungan pendapatan

Freelancing berarti Anda adalah seorang bos untuk diri sendiri. Dan Anda akan menemukan beberapa keputusan sulit, terutama tentang keuangan Anda. 

Meninggalkan pekerjaan full time Anda berarti Anda meninggalkan penghasilan tetap dan semua keuntungannya. Anda harus pikirkan dengan baik apakah penghasilan freelance cukup untuk membayar tagihan Anda.

Membuat target pendapatan sejak awal dapat membantu Anda membentuk harga layanan Anda. Namun, Anda harus tahu bahwa tarif Anda harus sebanding dengan layanan Anda, sehingga harga yang dikenakan harus dalam rentang yang sesuai dan wajar.

Selain itu, Anda harus konsisten membangun basis klien, di mana Anda harus terus mencari klien baru dan mempertahankan klien lama. Anda mungkin perlu mulai melakukan cold pitching kepada calon klien dan menggunakan strategi pemasaran lain seperti buletin dan konten buatan pengguna, seperti testimonial dan ulasan, untuk meningkatkan konversi.

3. Tentukan layanan 

Ketidakpastian tentang layanan yang Anda tawarkan dapat menghambat kemajuan bisnis Anda, sehingga penting bagi Anda untuk yakin tentang apa yang Anda tawarkan. 

Anda bisa membangun portofolio agar dapat menarik klien. Lakukan sebanyak mungkin pekerjaan untuk meningkatkan portofolio Anda. Juga, dapatkan ulasan dari klien sebelumnya untuk portofolio Anda. Anda dapat menggunakan alat portofolio untuk mengatur pekerjaan Anda agar mudah diakses.

4. Disiplin

Membangun karir freelance membutuhkan disiplin yang sangat besar. Sebagai pekerja lepas, Anda harus mengambil langkah sadar untuk terus mengikuti proyek Anda. Ada beberapa faktor yang membantu dalam membangun disiplin sebagai pekerja lepas, misalnya dengan menentukan timeline, dan menggunakan aplikasi untuk melakukan tracking terhadap proyek yang dikerjakan. 

5. Promosi

Tidak ada bisnis yang dapat berkembang tanpa publisitas yang tepat. Anda harus memberi tahu orang-orang tentang diri Anda. Dengan begitu, Anda dapat memantapkan diri di industri dan mendapatkan klien. 

Anda dapat mempromosikan layanan mengunakan media sosial atau bahkan dengan memanfaatkan jejaring klien yang telah Anda tangani sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Buka Layanan Konsultasi bagi Paslon Perseorangan di Pilkada Kota Jogja

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement