Advertisement

10 Tahun Lagi, Risiko Serangan Jantung Bisa Dideteksi lewat Ronsen Dada

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 30 November 2022 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
10 Tahun Lagi, Risiko Serangan Jantung Bisa Dideteksi lewat Ronsen Dada Ilustrasi serangan jantung

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Teknologi memungkinan jika risiko serangan jantung bisa dideteksi hanya lewat ronsen dada yang menggunakan sistem komputer terbaru.

Teknologi ini, disebutkan bisa mulai digunakan 10 tahun ke depan.

Advertisement

Para peneliti yang tergabung dalam Masyarakat Radiologi Amerika Utara mengatakan teknologi itu menggabungkan AI (kecerdasan buatan) dengan sinar-X standar untuk menemukan pola yang terkait dengan pengerasan pembuluh darah. Teknik ini menawarkan harapan bahwa dokter akan dapat meresepkan obat penurun kolesterol pada orang yang rentan sebelum terlambat.

“Model pembelajaran mendalam kami menawarkan solusi potensial untuk skrining oportunistik berbasis populasi terhadap risiko penyakit kardiovaskular menggunakan gambar rontgen dada yang ada,” kata penulis utama studi Jakob Weiss, M.D., ahli radiologi yang berafiliasi dengan Pusat Penelitian Pencitraan Kardiovaskular di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan program AI dalam Kedokteran di Brigham and Women's Hospital di Boston, dilansir dari studyfind.org.

Pedoman saat ini merekomendasikan untuk memperkirakan risiko 10 tahun pasien untuk menentukan siapa yang harus menggunakan statin untuk pencegahan primer. Ini didasarkan pada skor risiko ASCVD (penyakit kardiovaskular aterosklerotik) yang memperhitungkan sejumlah faktor. Mereka termasuk usia, jenis kelamin, ras, tekanan darah tinggi, riwayat merokok, diabetes tipe 2, dan tes darah. Mereka yang mendapat skor 7,5 persen atau lebih harus menerima statin.

“Variabel yang diperlukan untuk menghitung risiko ASCVD seringkali tidak tersedia, yang membuat pendekatan untuk skrining berbasis populasi diinginkan,” kata Dr. Weiss.

Karena rontgen dada umum digunakan, maka pendekatan kami dapat membantu mengidentifikasi individu yang berisiko tinggi.”

Tim AS melatih model yang disebut sebagai risiko CXR-CVD, untuk memprediksi kematian akibat penyakit kardiovaskular menggunakan 147.497 rontgen dada dari 40.643 peserta dalam uji coba skrining kanker.

“Kami telah lama mengetahui bahwa sinar-X menangkap informasi di luar temuan diagnostik tradisional, tetapi kami belum menggunakan data ini karena kami belum memiliki metode yang kuat dan andal, namun, kemajuan AI memungkinkan untuk dilakukan sekarang,” lanjut Dr. Weiss.

Dalam pengujian, sistem secara akurat memprediksi serangan jantung dan stroke pada kelompok yang menjalani rontgen dada rutin di Mass General Brigham. Sekitar 10 persen dari 11.430 pasien rawat jalan menderita serangan jantung utama selama rata-rata tindak lanjut lebih dari satu dekade. Sistem ini juga mengidentifikasi mereka yang memenuhi syarat untuk terapi statin yang berpotensi menyelamatkan jiwa.

Sistem baru memanfaatkan salah satu pemindaian medis yang paling umum

Jika uji coba terkontrol dan acak memvalidasi hasil, hal itu dapat mendukung dokter dalam membuat keputusan yang tepat untuk pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement