Advertisement

Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Memilih Produk Tabir Surya

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 02 Desember 2022 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Memilih Produk Tabir Surya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hal yang perlu diperhatikan saat memilih tabir surya adalah membaca label produk. Cara ini perlu dilakukan untuk menghindari produk yang mengandung pewangi atau minyak.

Selain itu, beberapa produk diformulasikan dapat digunakan pula sebagai pengusir serangga seperti nyamuk. Namun, dilansir dari Hellosehat, hal ini ternyata tidak direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Mereka menjelaskan bahwa tabir surya harus sering dioleskan kembali untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal. Sementara pengusir serangga hanya dapat digunakan beberapa kali agar tidak menjadi masalah pada kulit.

Selain memeriksa kandungan di dalamnya, jangan lupa untuk mengenali istilah khusus pada tabir surya. Seperti istilah broad spectrum. Produk pelindung matahari yang bertuliskan broad spectrum, berarti tabir surya tersebut dapat melindungi kulit dari dua sinar UV itu.

Baca juga: Maskara Bakal Tahan Seharian dengan 4 Cara Ini

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis sinar matahari yakni UVA dan UVB. Huruf A pada UVA memiliki makna penuaan (aging) dan B pada UVB mempunyai arti terbakar (burning).

Istilah berikutnya adalah SPF yakni Sun Protector Factor. SPF memberitahu kita tentang sebaik apa tabir surya tersebut dalam melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Angka SPF juga menjadi penentu berapa lama Anda dapat terpapar sinar matahari tanpa terbakar selama penggunaan produk. Sebagai contoh, tabir surya dengan SPF 30 akan menyerap sinar matahari 30 kali lebih lama untuk menangkal sunburn.

Meski begitu, semakin tinggi angka SPF tidak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk tersebut. Pilihlah produk dengan SPF sesuai dengan kebutuhan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

ATF Dimanfaatkan Destinasi Wisata Jogja Gaet Wisatawan Asing

Jogja
| Minggu, 29 Januari 2023, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Pendaki asal Madiun Ditemukan Tak Bernyawa di Puncak Gunung Lawu

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement