Advertisement

Tips Atur Keuangan di Tanggal Muda Agar Tak Merana di Akhir Bulan

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 03 Desember 2022 - 20:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Atur Keuangan di Tanggal Muda Agar Tak Merana di Akhir Bulan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seseorang harus cerdas mengatur keuangannya meski tanggal muda. Justru di saat tanggal muda yang notabene banyak orang mulai gajian seperti ini, keuangan harus diatur sebaik mungkin agar tidak merana di akhir bulan nanti.

Berikut ini tips mengatur keuangan di tanggal muda agar tanggal tua tetap aman:

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

1. Bikin rencana anggaran

Segera bagi uangmu ke pos-posnya masing-masing begitu kamu menerima gaji. Jangan langsung belanja dan foya-foya untuk mengantisipasi pengeluaran yang membengkak. Bagi uang yang diterima untuk kebutuhan makan, pulsa, belanja sayuran dan bahan makanan lain, beli BBM, dan pos-pos lainnya. 

2. Sisihkan uang

Sisihkan uang setiap hari meski nominalnya hanya kelas "recehan" seperti Rp1.000 hingga Rp5.000. Kalau perlu, pasang target sehari Rp5.000. Ungkapan “Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit” perlu dilakukan karena dari menabung uang kecil, akan bisa membantu pengeluaran di akhir bulan. 

3. Irit

Kurangi belanja online barang yang tidak diperlukan. Jangan mudah tertarik terhadap penawaran barang di marketplace. Membawa bekal buatan dari rumah ke kantor juga bisa menjadi tips hemat agar uang tetap aman hingga akhir bulan. Irit bukan berarti pelit. Kamu tetap bisa jajan makanan enak, dengan uang yang secara khusus kamu siapkan untuk keperluan itu atau yang sengaja disisihkan untuk bisa makan di restoran. 

4. Kerja sampingan

Jangan hanya mengandalkan gaji yang diterima. Gali potensimu dan manfaatkanlah untuk mendulang rupiah sebagai pekerjaan sampinganmu. Misalnya jika hobi masak, coba jual hasil masakanmu. Pendapatan dari pekerjaan ini bisa membantu pengeluaran di akhir bulan, atau justru menjadi tabungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

ATF Dimanfaatkan Destinasi Wisata Jogja Gaet Wisatawan Asing

Jogja
| Minggu, 29 Januari 2023, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Banyak Kantor dan Ruko Kosong Dijual di Jakarta

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement