Advertisement

Bak Terminator, Wanita Ini Punya Sebelah Mata Bionik yang Menyala

Lajeng Padmaratri
Rabu, 07 Desember 2022 - 22:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Bak Terminator, Wanita Ini Punya Sebelah Mata Bionik yang Menyala Xia Tong, perempuan asal China yang ciptakan mata bionik yang bisa bersinar. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING—Seorang wanita muda asal China mendedikasikan hidupnya untuk menciptakan mata palsu yang bisa bersinar. Sebelah matanya bisa menyala dalam berbagai warna seperti Terminator.

Dalam film Terminator, tokoh robot yang ditampilkan punya mata yang bisa bersinar. Namun, mata milik perempuan asal China ini bukan untuk kebutuhan syuting film, melainkan mata prostetis yang ia kembangkan usai ia kehilangan matanya akibat kecelakaan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Melansir Oddity Central, perempuan bernama Xia Tong itu kehilangan sebelah matanya karena kecelakaan mobil pada 2013 saat dia masih berusia 18 tahun. Tragedi itu membuatnya harus mengganti matanya dengan mata palsu.

Alih-alih kehilangan kepercayaan diri dan menghindari orang-orang karena penampilannya, wanita muda itu justru mengubah situasinya untuk bisa dikenal publik.

Setelah menempuh studi agar bisa menjadi teknisi mata prostetis (okularis), Xia Tong mulai memproduksi berbagai jenis mata prostetis yang unik untuk dirinya sendiri. Tak hanya ia gunakan sehari-hari, ia juga mengunggahnya ke media sosial, hingga lambat-laun pengikutnya meningkat.

Xia Tong tak hanya mampu membuat mata prostetis klasik yang hampir tidak dapat dibedakan dari yang asli, tetapi dia juga terkenal karena mata bioniknya yang bisa memancarkan warna berbeda karena diisi LED kecil. Bahkan, mata itu didesain bisa berkedip jika tombol pengaturnya ditekan.

Dalam sebuah video, ia tampak mencoba beberapa mata prostesis yang unik itu. Video yang kemudian menjadi viral di China ini menjadi perhatian publik.

Wanita berusia 28 tahun itu mengatakan kepada Beijing News bahwa dia membuat mata prostetis sebagai cara membantu orang-orang yang seperti dia untuk mengatasi masalah kepercayaan diri. Dia telah bertemu banyak orang yang menjadi terisolasi atau memiliki kepercayaan diri yang rendah setelah kehilangan satu mata. Kondisi itu mengilhaminya untuk menjadi seorang ahli mata dan menciptakan mata prostetis yang lebih baik.

Ada beberapa orang yang menginginkan mata prostesis yang realistis. Namun, beberapa yang lain, termasuk Xia Tong, menggunakan kecacatan mereka untuk membuat diri mereka benar-benar unik.

Kisah Xia Tong dan komitmennya untuk membuat mata prostetis yang lebih baik baru-baru ini menjadi viral di China. Banyak orang memuji keberanian dan kekuatannya untuk mengubah peristiwa traumatis yang mengubah hidupnya menjadi sesuatu yang positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

ATF Dimanfaatkan Destinasi Wisata Jogja Gaet Wisatawan Asing

Jogja
| Minggu, 29 Januari 2023, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Pendaki asal Madiun Ditemukan Tak Bernyawa di Puncak Gunung Lawu

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement