Kanker Bisa Dicegah dengan Cara Alami, Ini Caranya

Ilustrasi sayuran. - Ruters/Rupak De Chowdhuri
24 April 2018 22:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Sebuah studi oleh WHO pada tahun 2015 menyebutkan, lebih dari 8 juta orang di seluruh dunia meninggal karena kanker.

Namun, sekira 35-50% kematian dilaporkan dapat dicegah dengan cara menghindari atau modifikasi faktor-faktor risiko penyakit. Misalnya, menjaga berat badan yang sehat, olahraga teratur, kurangi konsumsi alkohol, dan sebagainya.

Karena selama ini, berbagai penyebab kanker adalah dari mutasi genetik, paparan tembakau, nikotin, dan lainnya. Belum lagi pada orang-orang yang terbiasa merokok, menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia, obesitas dan kurang olahraga, paparan radiasi, faktor keturunan, hingga ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Bila sel kanker menyebar ke semua bagian tubuh, pertumbuhannya tidak terkontrol secara normal di bagian tubuh manapun. Maka Anda harus segera mendeteksi dini supaya tidak menimbulkan dampak serius.

Karenanya, Anda harus bisa menjaga pola makan serta gaya hidup lain agar terbebas dari kanker. Simak ulasannya berikut, dilansir Boldsky, Selasa (24/4/2018).

Sering makan bawang putih
Bawang putih adalah salah satu makanan yang paling dianjurkan untuk diet. Karena mengandung senyawa belerang, yang mendorong stimulasi sistem kekebalan tubuh, serta mengaktifkan pertahanan alami tubuh terhadap kanker. Paling tidak Anda menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan yang bisa diandalkan. Rasanya pasti akan lezat, juga banyak manfaatnya.

Sayuran hijau
Menambahkan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kale, kangkung dan sayuran lain yang disebut superfood kaya magnesium. Manfaatnya dapat menurunkan risiko kanker. Anda diwajibkan untuk konsumsi sayuran tersebut setiap hari, supaya mendapatkan tinggi kandungan antioksidan.

Biji rami
Biji rami juga dianggap sebagai makanan yang sangat baik, terutama untuk menghindari kanker payudara pada wanita secara alami. Biji rami bisa dikonsumsi dengan salad, yoghurt, smoothie, dan lainnya. Biji rami kaya omega-3, yang cenderung berfungsi sebagai pelindung sel kanker supaya tidak menyebar di sekitar payudara.

Selain dengan mengonsumsi makanan, tips lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker yakni:

Hindari makanan manis, alkohol dan daging olahan
Kendalikan kebiasaan konsumsi makanan manis, minuman soda, junk food, hingga aneka daging olahan. Anda cenderung lebih mudah obesitas. Selain itu, Anda juga lebih mudah menderita kanker payudara di masa mendatang.

Olahraga teratur
Olahraga teratur seperti berjalan, jalan cepat, jogging, yoga, kardio dapat membantu mengurangi risiko kanker sebesar 35-40%. Setidaknya, sempatkan waktu 20-60 menit latihan sedang hingga berat yang bisa menjaga tubuh Anda.

Perbanyak asupan vitamin D
Jika seseorang kekurangan vitamin D, terjadi dampak buruknya koordinasi antara sel-sel tubuh. Hal ini menyebabkan sel kanker berkembang dan menyebar. Maka untuk mencegah, aasupan vitamin D sangat dianjurkan. Paling tidak Anda rajin berjemur sebelum pukul 09.00. Sinar matahari pagi bisa membuat kulit serta, serta tinggi asupan vitamin D.

Deteksi dini
Terlepas dari cara-cara alami yang telah disebutkan, Anda disarankan rajin pergi ke dokter untuk deteksi dini. Pemeriksaan kesehatan rutin sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit mematikan ini. Paling tidak, setahun sekali Anda melakukan pap smear, mamografi, deteksi kanker usus, lambung, dan sebagainya.

Sumber : okezone.com