Ini yang Terjadi pada Para Perempuan Setelah Ditolak Pria Idaman

Patah hati ilustrasi - ist/Planet Science
20 Oktober 2018 11:35 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Berlawanan dengan persepsi populer, para peneliti telah menemukan bahwa setelah ditolak oleh seorang pria yang menarik, seorang wanita tidak langsung mencari pelarian dengan menerima ajakan kencan pria yang tidak menarik di matanya.

Penolakan oleh seorang pria yang menarik sebenarnya menyebabkan perempuan untuk menjauhkan diri dari pergaulan seorang pria yang dirasanya tidak menarik, bahkan ketika pria itu menawarkan untuk menjadi pelarian, demikian temuan itu menyebutkan.

"Kami tidak melihat kecenderungan perempuan mencari pelarian pada pria yang tidak menarik setelah ditolak cintanya,” kata penulis utama studi Geoff MacDonald dari University of Toronto di Kanada belum lama ini.

"Tapi ketika kita direplikasi penelitian, efek itu masih ada," kata MacDonald.

Studi baru tersebut menunjukkan jika perempuan cenderung menerima penolakan dengan lebih baik tanpa harus menjatuhkan kriteria pria idamannya. Meski demikian, mereka membutuhkan waktu untuk menerima penolakan tersebut dan berusaha bangkit dari sakit hatinya.

Para peneliti memilih untuk menggunakan daya tarik sebagai ukuran nilai sosial, berdasarkan volume besar literatur mendukung gagasan bahwa dalam konteks pembentukan hubungan, tarik adalah atribut yang sangat dihargai.

Studi baru itu mereplikasi skenario kencan dunia nyata melalui laboratorium.

"Alasan yang mungkin untuk efek ini adalah bahwa 'berafiliasi dengan seorang pria yang tidak menarik akan membuat para wanita merasa mereka lebih layak mendapatkan pria yang sesuai dengan gambaran keinginannya,” kata MacDonald.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Timesofindia.com