Kamu Diet? Jangan Lupa Sarapan Lho Ya

Ilustrasi sereal dan potongan pisang, menu sarapan - Reuters
23 Oktober 2018 09:35 WIB newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Rajin berdiet boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai melewatkan sarapan. Sebab apa gunanya diet jika sarapanmu yang penting itu terlewat, malah bikin masalah.

"Selama enam sampai delapan jam kita tidur, energi benar-benar drop dan itu harus kita ganti di pagi hari. Itu pentingnya sarapan," kata dokter gizi dr. Diana F. Suganda MKes, SpGK di Jakarta belum lama ini.

Menurut dokter Diana, sarapan penting untuk menjaga konsentrasi selama sehari penuh dalam menjalani kegiatan sehari-hari serta fokus pada pekerjaan.

"Selain itu kalau tidak sarapan, nanti saat makan siang justru jadi kalap dan lapar mata. Akhirnya berat badan ideal jauh dari harapan, kalau lagi program diet pun harus sarapan," jelasnya.

Ia menambahkan, sarapan yang baik harus mengandung karbohidrat seperti gandum utuh yang penting untuk kebutuhan energi.

Sebagai sumber protein bisa mengonsumsi produk olahan susu serta seporsi buah atau sayuran untuk asupan vitamin dan mineral. Selain itu, bisa ditambahkan secangkir kopi, teh, atau air putih untuk memenuhi hidrasi tubuh. "Nutrisi sarapan sebaiknya memenuhi sekitar 15-30 persen kebutuhan gizi untuk menjalani hari dengan penuh semangat," katanya.

Sumber : Antara