Advertisement

Ini Dia Bahan Makanan yang Menguntungkan saat Anda Hamil

Chelin Indra Sushmita
Kamis, 27 Desember 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Ini Dia Bahan Makanan yang Menguntungkan saat Anda Hamil Ilustrasi ibu hamil - ABC

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO – Kecerdasan merupakan salah satu modal penting dalam kehidupan manusia. Itulah sebabnya semua ibu ingin memiliki anak yang cerdas. Kecerdasan anak bisa diturunkan lewat genetika ibu dan ditunjang dengan makanan yang dikonsumsi selama masa hamil.

Mau tahu makanan apa saja yang dapat menunjang kecerdasan bayi? Simak ulasan yang dihimpun dari Boldsky, Selasa (25/12/2018), berikut:

Advertisement

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung sangat penting dikonsumsi ibu hamil. Sayuran hijau mengandung vitamin A, B6, B12, C, D, E, K, kalsium, serat, magnesium, fosfor, potasium, sodium, dan zat besi. Zat besi dan asam folat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kecerdasan si kecil.

Buah-buahan

Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan kecerdasan anak. Buah-buahan kaya akan natioksidan yang berperan menangkal radikal bebas. Nutrisi tersebut sangat penting untuk menunjang perkembangan otak janin.

Telur

Telur bukan hanya kaya akan protein, namun juga vitamin D dan mineral. Telur juga mengandung asam amino esensial yang menunjang pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Ikan

Omega 3 serta lemak sehat pada daging ikan juga terbukti mampu meningkatkan kecerdasan anak. Hasil penelitian yang diterbitkan pada 2013 lalu menyebut kandungan iodine pada ikan berperan sebagai suplemen penting untuk ibu hamil. Sejumlah dokter juga menyarankan ibu hamil mengonsumsi ikan untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebugaran.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti walnut, almond, serta kacang merah juga sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan ini kaya akan protein, karbohidrat, vitamin, serat, mineral, serta omega 3 yang dibutuhkan ibu hamil. Tapi, jangan berlebihan mengonsumsinya karena kacang-kacangan dapat meningkatkan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement