Advertisement

Kayu Manis Ternyata Bermanfaat bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Newswire
Senin, 07 Januari 2019 - 12:35 WIB
Maya Herawati
Kayu Manis Ternyata Bermanfaat bagi Penderita Diabetes Tipe 2 Ilustrasi Kayu Manis - ist/India Today

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kayu manis bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Ramuan kayu manis kini menjadi alternatif lain bagi penderita diabetes tipe dua selain obat-obatan.

Menurut Diabetes.co.uk, kayu manis merupakan salah satu rempah yang erat dikaitkan dengan peningkatan kualitas dari kondisi seperti diabetes.

Advertisement

Penelitian telah menyarankan kayu manis dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan kepekaaan insulin.

Sebuah studi klinis pada 2002 menunjukkan kulit kayu manis dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol pada orang dengan diabetes tipe 2, dan juga dapat mengurangi faktor risiko yang berhubungan dengan diabetes dan penyakit jantung.

Asupan per hari, tiga dari enam gram kulit kayu manis terbukti mengurangi kadar glukosa serum, trigliserida, dan kolesterol jahat setelah 40 hari di antara 60 penderita diabetes usia lanjut.

Penelitian lain sebelumnya pada tahun 2000 menemukan bahwa mengonsumsi satu gram kayu manis setiap hari dapat meningkatkan kepekaan insulin dan membantu mengatur atau bahkan membalikkan diabetes tipe 2.

Penelitian selanjutnya pada tahun 2007 mengungkapkan bahwa makan enam gram kayu manis memperlambat pengosongan perut dan secara signifikan mengurangi hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) setelah makan.

"Sebagai hasil dari bukti ilmiah yang tersedia, banyak ahli kesehatan mengklaim bahwa kayu manis mengandung khasiat yang bermanfaat untuk pengaturan gula darah dan pengobatan diabetes tipe 2," kata Diabetes.co.uk.

Belum Disetujui Medis

Sumber tersebut mengatakan,"Namun, ingatlah bahwa seperti banyak senyawa alami kayu manis belum disetujui secara medis untuk pencegahan atau pengobatan penyakit apa pun."

Kayu manis dijual dalam berbagai bentuk, termasuk stik kayu manis, bubuk, teh, minyak dan suplemen tablet, yang dapat ditemukan di sebagian besar toko kesehatan dan supermarket besar.

Diabetes.co.uk menyarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Anda berencana untuk mengonsumsi suplemen kayu manis atau melakukan perubahan pola makan.

Anti Pembekuan Darah

Penelitian lain juga menunjukkan kayu manis memiliki efek antipembekuan darah, mengurangi rasa sakit pada penderita radang sendi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghentikan infeksi ragi yang kebal obat.

Manfaat kesehatan lain dari kayu manis termasuk membantu meringankan gangguan pencernaan dan mengurangi penyebaran sel-sel kanker leukemia dan limfoma.

Mayoritas manfaat kesehatan ini dikaitkan dengan kayu manis Ceylon sebagai lawan dari kulit kayu manis cassia, yang merupakan spesies yang digunakan dalam sebagian besar penelitian diabetes. Kayu manis juga merupakan sumber nutrisi penting termasuk kalsium, serat, mangan, dan zat besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:12 WIB

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement