Advertisement

Kolesterol Bisa Diturunkan dengan Makanan

Newswire
Selasa, 08 Januari 2019 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Kolesterol Bisa Diturunkan dengan Makanan Kedelai adalah salah satu bahan makanan penurun LDL - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menghindari makanan berkolesterol secara ekstrem tak melulu baik. Lebih baik mengatur pola makan untuk menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat. Dan menurunkan kolesterol jahat juga bisa dilakukan dengan makanan tertentu.

Ada empat makanan yang masing-masing telah terbukti dapat mengurangi risiko kolesterol dan penyakit jantung, menurut studi dalam jurnal Progress in Cardiovascular Diseases, salah satunya kacang.

Advertisement

Selain itu, protein nabati yang diperoleh dari makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu, susu kedelai, atau pengganti daging berbahan dasar kedelai lainnya, atau dari kacang seperti kacang polong dan buncis.

Makanan lainnya, serat larut, seperti oat, barley, psyllium, terong, okra, apel, jeruk, atau beri. Margarin yang diperkaya dengan sterol tumbuhan, atau senyawa "mirip kolesterol" dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan sereal juga bisa membantu menurunkan kolesterol.

Laura Chiavaroli, dari Departemen Ilmu Gizi di Universitas Toronto di Kanada merekomendasikan takaran asupan makanan harian untuk menurunkan 17% kolesterol, yakni:42 gram untuk kacang-kacangan, 20 gram untuk serat larut dan 50 gram bagi yang ingin mengonsumsi protein nabati. Demikian seperti dilansir Medical News Today.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement